Dari Promotion Marketing ke Engagement Marketing

Pelanggan saat ini tidak hanya peduli tentang apa yang mereka beli (produk) dan dari siapa mereka membelinya (merek), tetapi juga bagaimana mereka dapat membeli (layanan). Itu sebabnya pendekatan engagement mengharuskan merek menciptakan pengalaman yang konsisten untuk pelanggannya.

September 2018, CEO
Nike Mark Parker mengatakan bahwa iklan kontroversialnya yang dibintangi bintang
NFL, Colin Kaepernick, mencetak "record engagement." Iklan itu bahkan
membantu meningkatkan penjualan.

Parker juga "sangat
bangga" dengan kegiatan peringatan 30 tahun yang menampilkan atlet seperti
bintang tenis Serena Williams, pesepakbola Amerika Odell Beckham Jr dan Shaquem
Griffin, pemain skateboard Lacey Baker dan Kaepernick.

Mereka, kata Parker,
adalah atlet yang sangat menginspirasi dan membantu Nike menyampaikan pesan
yang benar-benar terhubung dengan konsumennya. “Kami termotivasi untuk
menginspirasi konsumen, termasuk generasi baru, kami untuk terhubung dan
terlibat,” kata Parker.

Kampanye tersebut sempat memunculkan kontroversi karena menampilkan Kaepernick yang menolak berdiri sebagai penghormatan selama lagu kebangsaan pada awal pertandingan.

Penolakan Kaepernick silakukan sebagai protes atas rasisme dan kebrutalan polisi. Langkah itu telah memicu perdebatan sengit publik Amerika. Konsumen terpecah sebagai akibat kampanye Nike Colin Kaepernick

Namun, Parker mengatakan Nike telah melihat "rekam keterlibatan" dengan merek tersebut setelah kampanye. “Kekuatan merek kami adalah dimensi utama yang berkontribusi pada momentum berkelanjutan yang kami bangun di seluruh portofolio Nike. Begitulah cara kami melihatnya; itu adalah bagaimana kita terhubung dan terlibat dengan cara yang relevan dan menginspirasi konsumen yang kita layani di sini. "

Kuartal pertama tahun kemarin, pendapatan Nike naik 10% menjadi $ 9,9 miliar (£ 7,5 miliar) dan laba meningkat 15% menjadi lebih dari $ 1 miliar (£ 760 juta).

Disini peran digital berada di titik tertinggi, dengan penjualan naik 36% selama tiga bulan yang berakhir 31 Agustus 2018. Penjualan di pasar utama AS naik 6%, sementara di wilayah lainnya naik 11%.

Bagi Nike, digital tidak hanya sumber pendapatan yang terus tumbuh. Nike juga melihatnya sebagai kunci untuk mendorong penjualan di toko fisik.

Nike meluncurkan aplikasinya di toko-toko fisik. Pada kuartal itu juga, Nike meluncurkan konsep baru, yang disebut Nike Live yang memanfaatkan skema keanggotaan Nike + untuk menawarkan pengalaman “berbeda” di dalam toko.

Selama bertahun-tahun, perusahaan secara tradisional menemukan bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan menciptakan produk luar biasa dan membangun merek yang menyenangkan.

Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)