Enam Strategi Menggunakan Pokemon Go untuk Local Marketing Campaign

pokemon go ok Belum genap sebulan dirilis, demam Pokemon Go sudah mewabah pada masyarakat dunia. Tanpa terkecuali, di Tanah Air. Games berbasis teknoloig Augmented Reality tersebut rupanya sanggup menyedot perhatian publik dunia. Tak mengherankan, jika Pokemon Go menjadi isu paling hot yang dibincangkan di social media, bahkan di berbagai media di dunia. Di Indonesia, sejumlah perusahaan sudah mulai memanfaatkan Pokemon Go sebagai tools marketingnya. Diawali dengan Go-Jek yang menawarkan layanan berburu monster Pokemon, hingga situs belanja online Elevenia yang menawarkan diskon 20% untuk paket Combo Extra XL khusus untuk mereka yang ingin menangkap moster Pokemon. Menurut Jayson DeMers, sepeti yang dikutip dari Forbes.com, pemasar atau marketer dapat memanfaatkan Pokemon Go sebagai tools untuk local marketing campaign. Tentu saja, sebelum memanfaatkannya, pemasar harus mempelajari sejumlah fitur yang ada pada Pokemon Go, yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kampanye brand. Ada empat fitur yang harus dipelajari di Pokemon Go. Pertama, alasan utama para gamers Pokemon Go pergi keluar, yakni untuk menangkap monster Pokemon sebanyak mungkin. Dan, untuk menangkap monster dengan jumlah banyak, maka mereka harus pergi ke luar rumah dengan lokasi yang berbeda-beda. Hal itu tentu saja menjadi peluang bagi pemasar untuk meningkatkan trafik di wilayah mereka berbisnis. Kedua, lokasi yang spesifik. Pokemon Go menyajikan “Poke-Stop”, yakni lokasi penting di mana para gemers dapat memperoleh berbagai item untuk kepentingan permainan di Pokemon Go, seperti Poke Ball, postion, hingga egg. Nah, di Poke Stop itulah, sebenarnya, pemasar dapat memanfaatkannya untuk menawarkan berbagai promo atau item gratis dari brand mereka. Ketiga, afiliasi tim. Dalam Pokémon Go, Anda harus memilih antara salah satu dari tiga tim, yakni Instinct, Mystic, atau Valor--yang diwakili oleh warna kuning, biru, dan merah. Hal itu tentu saja mendorong persaingan, identifikasi pribadi, dan persaingan antara kelompok. Keempat, sosialisasi. Aplikasi Pokemon Go juga menuntut unsur sosialisasi. Melihat orang lain bermain tentunya akan menciptakan bonding atau ikatan dengan orang asing. Orang-orang pun akan sering berhenti sejenak untuk saling bertukar tips dan anekdot tentang Pokemon mereka, pasca mereka telah menangkap atau memenangkan pertempuran. Lantas, apa yang harus dilakukan pemasar usai mempelajari keempat fitur yang tersedia di Pokemon Go? Dijelaskan Jayson, jika bisnis Anda berada di area hot spot Pokemon Go (seperti Poke-Stop atau Gym), maka brand Anda akan memiliki sejumlah keuntungan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dianjurkan Jayson, yang dapat digunakan pemasar untuk memanfaatkan Pokémon Go dalam local marketing campaign mereka.   #1 Jadikan "Iming-Iming" sebagai Umpan Jika bisnis Anda di dekat atau di sebelah Poke-Stop, maka Anda akan memiliki kemampuan untuk menjatuhkan umpan dalam bentuk "iming-iming" selama 30 menit, yang mungkin akan menarik sejumlah pemain berkeliaran di dekatnya. Restoran dan café bisa mendapatkan keuntungan dari umpan seperti itu, karena pemain akan berkeliaran di Poke-Stop untuk sementara waktu. Tidak tertutup kemungkinan, para pemain yang cukup lama berhenti di area Poke-Stop akan membeli beberapa makanan ringan atau minuman di area tersebut. #2 Layani Individu Tim Setiap gamers yang bermain Pokemon Go memiliki kebanggaan atas tim yang mereka pilih. Nah, pemasar dapat memanfaatkan hal itu dengan menawarkan benefit khusus untuk masing-masing tim yang berbeda, baik tim Instinct, Mystic, dan Valor. Misalnya, Anda dapat menawarkan minuman dengan nilai tertentu untuk anggota Tim Mystic. #3 Tunjukkan Partisipasi Brand Gunakan berbagai media sosial untuk membiarkan orang tahu apa yang terjadi di daerah Anda. Misalnya, jika salah satu pelanggan Anda menangkap Pokemon langka di lokasi Anda, maka Anda dapat mem-posting kejadian itu. Dengan demikian, Anda berkesempatan memperoleh trafik dari mereka yang ingin menangkap monster Pokemon yang langka. Anda juga dapat menggunakan kamera aplikasi dalam game untuk mengambil gambar Pokémon dalam bisnis Anda, termasuk mempromosikan kepada masyarakat yang belum pernah ke lokasi Anda. Contohnya, The National Mall dan Memorial Parks mengundang para gamers untuk berselfie dengan Pokemon hasil tangkapan mereka di area The National Mall dan Memorial Parks, untuk kemudian di-share di akun social media dengan menggunakan #pokeselfie. #4 Manfaatkan Gym Battles Strategi ini hanya berguna jika bisnis Anda ada di dekat Gym (lokasi di mana para Pokemon bertanding satu sama lain). Jika brand atau bisnis Anda kebetulan berada di posisi beruntung itu, maka Anda dapat mempromosikan hal tersebut kepada para gamers bahwa bisnis Anda ada di atau dekat gym. Para pemain biasanya perlu menghabiskan setidaknya setengah jam (bahkan lebih) untuk melawan pemimpin gym. Dengan demikian, mereka berkesempatan tinggal lama di wilayah Anda dan mungkin membeli produk Anda. #5 Tawarkan Stasiun Pengisian Baterai Handphone Pokemon Go adalah permainan yang sangat menguras baterai handphone. Oleh karena itu, pemain akan sangat memerlukan fasilitas pengisian baterai ponsel saat mereka sering bermain. Nah, hal itu dapat dimanfaatkan para pemasar dengan menawarkan stasiun pengisian baterai ponsel kepara para pemain Pokemon Go. #6 Iklankan Pokemon Langka yang Bisa Ditemukan di Wilayah Bisnis Anda Monster Pokemon langka tentu saja hanya dapat ditemukan di daerah-daerah tertentu. Pokmeon langka tentu akan lebih banyak dicari oleh pemain Pokemon Go. Jika Anda menemukan bahwa Pokémon langka kadang-kadang dapat ditemukan di dekat area bisnis Anda, maka Anda dapat mengiklankannya. Contohnya, Pikachu yang begitu dicintai dan dikenali, tentu saja menjadi monster yang sangat dicari oleh pemain. Namun, memang Pikachu hanya dapat ditemukan di daerah-daerah tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)