Genjot Penjualan, Lotte.com Manfaatkan SAS for Customer Experience Analitycs

Tidak hanya strategi pemasaran yang dapat memicu tingginya pengalaman berbelanja di situs belanja online. Sistem teknologi informasi (TI) yang sanggup memperkuat bisnis belanja online, juga menjadi kuncinya. Lotte.com, pemain utama internet shopping mall di Korea dengan 13 juta pelanggan misalnya, memutuskan untuk menggunakan SAS for Customer Experience Analitycs, system analisis web traffic terintegrasi.

Genjot Penjualan, Lotte.com Manfaatkan SAS for Customer Experience Analitycs

Genjot Penjualan, Lotte.com Manfaatkan SAS for Customer Experience Analitycs

Dengan total hampir 1 juta pengunjung situs setiap harinya, Lotte.com berupaya untuk mengetahui berapa banyak pengunjung situs yang melakukan pembelian dan dari channe lapa yang paling memberikan traffic signifikan. Setelah selesai me-review dengan berbagai macam solusi dan pendekatan, Lotte.com menggunakan SAS® for Customer Experience Analytics solution. Sistem tersebut merupakan yang pertama dalam hal analisis perilaku secara online yang diaplikasikan di Korea.

Melalui system tersebut, Lotte.com dapat secara akurat mengukur dan menganalisis jumlah pengunjung situs (unique view), pengunjung halaman (page view), status dari pengunjung situs dan pembeli, popularitas dari setiap kategori produk dan produk itu sendiri, kecenderungan mengunjungi setiap halaman, efektivitas kampanye dan lain-lainnya. Informasi tesebut menjadi berharga, lantaran menjadikan Lotte.com dapat memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap perilaku pelanggan belanja online mereka. Selanjutnya, informasi tersebut dapat dijadikan dasar untuk merancang strategi pemasaran yang efektif.

Dalam siaran pers yang diterima MIX, Jung Hyo-hoon, Asisten General Manager dari tim perencanaan pemasaran Lotte.com mengatakan, “Sebagai hasil dari pengenalan sistem SAS dan analisisnya, terdapat banyak temuan-temuan baru mengenai tingkah laku pelanggan. Dengan mencari tahu bagaimana masing-masing kelompok pelanggan bergerak pada sejumlah data, adalah mungkin untuk menentukan perbaikan layanan pelanggan dan menargetkan subyek pemasaran. Sistem ini telah membantu keberhasilan sekaligus optimalisasi dari sejumlah kampanye pemasaran Lotte.com.”

Bahkan, setelah Lotte.com mengimplementasikan sistem SAS® for Customer Experience Analytics pada tahun pertama, penjualan mereka meningkat sebesar 8 juta Euro atau 10 juta USD, dengan hanya mampu mengidentifikasi penyebab dari keranjang belanja yang ditinggalkan pengunjung situs belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)