Lifestyle

Guestology – Paradigma Baru dalam Layanan Pelanggan

Sejak 25 Mei lalu, setelah beroperasi selama 8 tahun, McDonald’s Arthagading berubah. Di Drive Thru misalnya, McDonald’s Artha Gading adalah yang pertama kali di Indonesia yang melayani pesanan di dua jalur antrian.

Untuk mempermudah pemesanan, restoran menyediakan empat layar self ordering kiosk (mesin pemesan sendiri) yang user friendly dan cashless payment.

Dengan aplikasi layanan ini, pelanggan bisa memesan tanpa harus mengantri di counter order seperti restoran fast food pada umumnya. McDonald’s Artha Gading adalah restoran McDonald’s kedua yang menggunakan Self Ordering Kiosk setelah McDonald’s Bintaro, Tangerang Selatan.

Perubahan juga dilakukan di area makan di tempat (dine in). Restoran McDonald’s Artha Gading adalah yang pertama kali menggunakan salah satu konsep ‘Global Design’ yang bernama Alphabet.

Konsep ini sendiri, saat ini banyak digunakan di berbagai negara di Asia, Amerika dan Eropa. Furniturnya didesain organis dengan sudut-sudut unik yang sulit untuk ditiru dengan menggunakan warna kayu natural, putih dan abu-abu dan tak lupa kejutan warna kuning yang akan selalu menjadi warna McDonald’s.

Minimnya dekorasi dianggap sebagai kelebihan konsep ini, terutama banyaknya sudut yang bisa menghasilkan foto yang bagus dan siap untuk di share di instagram alias Instagramable. Artinya, desain ini memberi ruang pada pelanggan untuk berfoto dengan latar belakang yang menarik.

Di luar konsep yang tidak biasa, ada hal substansial yang dibenahi yaitu penyediaan toilet yang bersih juga ruang shalat yang nyaman. Hal ini menjadi wajib dalam setiap proyek reimaging McDonald’s Indonesia tidak hanya di McDonald’s Artha Gading.

Dalam bisnis, melayani tamu dan membuat produk adalah kegiatan yang berbeda sehingga memerlukan prinsip dan konsep manajemen yang berbeda.

Memasak rendang dan memeriksa apakah rendang itu terlalu hitam atau kurang matang pada tahap pemeriksaan akhir dari proses produksi sebuah restoran adalah satu hal. Mendengarkan para tamu yang marah dan mengatakan bahwa restoran Anda mengecewakan itu adalah hal yang lain.

Dalam contoh pertama, pengawas kualitas — salah satu dari banyak orang di antara pembuat produk dan pelanggan akhir — dapat mengirim kembali produk yang kurang matang atau terlalu hitam untuk dikerjakan ulang sehingga pelanggan tidak pernah melihatnya.

Dalam situasi kedua, biasanya tidak ada yang menyangkal bahwa Anda memberikan layanan yang tidak memuaskan, dan tamu merasa tidak puas dengan layanan yang Anda berikan. Hamburger yang lezat tidak cukup. Perhatian yang hati-hati harus diberikan pada proses pembuatan dan pengiriman hamburger kepada pelanggan.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

4 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

20 hours ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

20 hours ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago