Indosat Investasi USD 50 Juta untuk Layanan Digital

Tahun ini, industri telekomunikasi makin serius menggarap layanan digital. Pasalnya, dalam tuntutan Millenium Development Goals (MDGs) yang disepakati oleh International Telecom Union (ITU), 50% dari total populasi Indonesia sudah harus terhubung internet pada 2015 atau sekitar 139 juta orang. Sementara di 2014 ini, pengguna internet di Indonesia diprediksi mencapai 107 juta orang. Artinya, peluang untuk menangkap pasar di sektor digital semakin tinggi.

Dengan investasi senilai USD 50 juta, Indosat berencana membangun infrastruktur layanan digital yang kelak akan memudahkan perusahaan-perusahaan di bidang e-commerce, digital dan social media, serta dan layanan keuangan mobile. Dengan investasi senilai USD 50 juta, Indosat berencana membangun infrastruktur layanan digital yang kelak akan memudahkan perusahaan-perusahaan di bidang e-commerce, digital dan social media, serta dan layanan keuangan mobile.

Menyadari hal tersebut, di akhir Mei 2014 ini, Indosat pun berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi dan media asal Jepang, Softbank, dalam melakukan pengembangan layanan digital di Tanah Air. Untuk itu, Indosat pun menggelontorkan dana sebesarUSD 50 juta yang akan disebut sebagai dana SB ISAT.

Menurut siaran pers yang diterima MIX hari ini (23/5), dana SB ISAT rencananya akan digunakan untuk pengembangan perusahaan-perusahaan terdepan di Indonesia yang bergerak di bidang e-commerce, digital dan social media, serta dan layanan keuangan mobile. Dalam upaya ini, Indosat tercatat sebagai investor utama, dan sebagai mitra, Softbank yang akan mengelola dana tersebut dengan menyediakan tim investasi profesional dari dalam maupun luar negeri.

“Komitmen Indosat adalah untuk berinvestasi dan menumbuhkan ekosistem layanan digital di Indonesia. Objektif pengembangan ini adalah untuk membangun infrastruktur layanan digital yang kuat dan memadai, termasuk layanan internet berkecepatan tinggi serta unit kerja yang fokus untuk layanan keuangan mobile, iklan mobile dan e-commerce bagi pelanggan”, demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Menurutnya, dana investasi SB ISAT ini memungkinkan Indosat untuk tetap berada di depan dalam industri telekomunikasi dan internet, dan akan terus berkembang. Harapan kami, imbuh Alex, kerja sama dengan Softbank ini tidak terbatas pada penyediaan dana, tetapi juga dari segi komersial, infrastruktur dan dukungan strategis untuk perusahaan-perusahaan teknologi potensial di Indonesia.

“Sebagai bukti konsistensi kami mendukung pengembangan layanan digital di Indonesia, beberapa waktu lalu kami juga telah memberikan dukungan finansial untuk para wirausaha muda dan berbakat melalui kompetisi Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), dan juga akselerator startup terkemuka di Indonesia yaitu Ideabox,” pungkas Alex.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)