Ini Penyebab Penjualan Blibli.com Naik 400% di Semester Pertama 2015

Smartphone sepertinya menjadi kategori yang tak terpengaruh oleh lesunya ekonomi. Hal itu telah dibuktikan oleh Blibli.com. Di tengah semua industri yang sedang sulit, tahun ini Blibli.com justru mengalami pertumbuhan yang sangat besar untuk kategori smartphone. Di kategori yang tercatat sangat seksi itu, menurut Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto, penjualan kategori smartphone sanggup tumbuh 600 persen. "Konsumen terbesar dari dari kategori smartphone adalah anak muda usia 25-35 tahun. Dan, segmen anak muda adalah salah satu pasar terbesar Blibli.com," katanya.

IMG_20150928_2362Oleh karena itu, pada hari ini (28/9), Blibli.com memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Meizu, brand smartphone asal Tiongkok yang sudah merambah pasar global. Melalui kerja sama berformat Exclusive Launching itu, Blibli.com menjadi channel penjualan eksklusif untuk seri Meizu M2. "Meizu dikenal sebagai brand yang mengusung slogan Quality for Young. Untuk itu, kami yakin Meizu M2 dapat diterima dengan baik oleh konsumen online di Indonesia," yakin Kusumo.

Ditambahkan Ross Wang, Director of Business Cooperation Meizu Technology, Meizu M2 merupakan smartphone terbaru dari Meizu yang didesain bagi segmen yang berjiwa muda. Hal itu tercermin lewat desain yang stylish dan warna-warna yang dinamis. Termasuk, dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 13 megapixel dan 5 megapixel. "Meizu M2 juga dilengkapi dengan fasilitas rekam video berkualitas full HF dan fitur FotoNation 2.0 untuk memaksimalkan kualitas foto pada saat melakukan selfie," jelas Ross Wang.

General Manager of Meizu HongKong Ramon Kwok, di Tiongkok Meizu M2 telah terjual 2,8 juta unit hanya dalam kurun waktu satu hari. "Untuk itu, melalui kerja sama dengan Blibli.com sebagai mal online pertama dan terbesar di Indonesia, bahkan telah dipercaya brand-brand besar untuk memasarkan produknya, kami yakin Blibli.com dapat membuka pintu bagi Meizu untuk tumbuh dan berkembang di pasar Indonesia," tutur Ramon.

Demi mensukseskan kerja sama itu, Blibli.com selaku official e-commerce partner untuk Meizu M2 akan menggelar Flash-Deals perdana pada 1 Oktober 2015 antara pukul 10.00-15.00 Wib. Meizu M2 dibandrol dengan harga Rp 1,69 juta, termasuk bonus paket dsta Indosat Mentari 5 GB. Pembayaran dapat dilakukan melalui COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat maupun kartu kredit atau kartu debit.

Blibli.com juga memanjakan para Blibli Shopper untuk menikmati fasilitas berupa cicilan 0% antara 6-12 bulan, layanan free shipping, serta dukungan Customer Care 24 jam yang siap melayani konsumen online di Indonesia.

Diakui Kusumo, tantangan utama meyakinkan konsumen online di Indonesia adalah upaya untuk menarik mereka agar bisa berbelanja di e-commerce. Salah satunya adalah dengan menciptakan trust bahwa berbelanja online sangat aman dan mudah.

"Sejak awal, fokus Blibli.com adalah kustomer. Oleh karena itu, belanja di Blibli.com semua bergaransi resmi. Kami juga menyediakan customer care secara inhouse dan 24 jam non stop selama seminggu. Bahkan, dalam dua tahun ini kami akan menambah gudang kami dari 2 menjadi 12 yang akan tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sebab, 60% pembeli di Blibli.com adalah non Jawa. Saat ini, kami juga memiliki 15 bank partner, dengan menyediakan tipe-tipe pembayaran yang mudah. Kami juga menjadi satu-satunya e-commerce yang berani memberikan bunga 0% untuk cicilan 6-12 bulan," tegas Kusumo, yang menyebutkan kontribusi kategori smartphone terhadap total penjualan Blibli.com terhitung sangat signifikan, yakni mencapai 30 persen.

Diungkapkan Kusumo, program exclusive launching seperti dengan Meizu bukanlah yang pertama kali. Program exclusive launching, kata Kusumo, pernah dilakukan dengan brand-brand besar lain seperti Samsung, Blackberry, HTC, hingga Apple. Program eksklusif seperti itu, ia nilai, cukup efektif untuk mendongkrak penjualan atau transaksi di Blibli.com.

"Kenaikannya cukup signifikan bisa sampai 10-15% dengan adanya program Exclusive Launching. Program seperti ini pulalah yang membuat penjualan kami naik 4 kali lipat atau 400% pada semester pertama 2015 jika dibandingkan semester kedua 2014," yakin Kusumo, yang menyebutkan pada Oktober ini akan ada dua brand smartphone dengan lima model yang akan memanfaatkan program exclusive launching--salah satunya Meizu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)