Ketika Indosat Manfaatkan The Powerful of Community

Banyaknya brand yang memanfaatkan komunitas dalam setiap aktivasi marketing, telah membuktikan bahwa kini eranya “The Powerful of Community”. Eranya komunitas salah satunya dipicu oleh tingkat kepercayaan konsumen Indonesia, di mana 80%-nya lebih percaya pada peers ataupun komunitas mereka. Hal itu ditandai dengan kebiasaan konsumen yang memilih melakukan pencarian informasi terlebih dahulu lewat media online maupun social media, alias Zero Moment of Truth (ZMOT), sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Indosat ICITY Indosat luncurkan Forum ICITY (Indosat Community) pada tahun 2012

Indosat pun menyadari The Powerful of Community. Itu sebabnya, sejak tahun 2005 lalu Indosat sudah menfaatkan komunitas sebagai bagian dari strategi marketing. “Duta IM3” merupakan cikal bakal komunitas yang digarap Indosat.

Melalui Duta IM3, menurut Division Head Consumer Engagement Indosat Benny H. Hutagalung, Indosat berharap para Duta IM3 melakukan brand advocacy. “Kami ingin mereka bisa menjadi brand advocator, yang secara sukarela merekomendasi brand IM3 ke peers mereka atau youth community,” tandasnya.

Komitmen Indosat dalam memanfaatkan komunitas juga ditunjukkan dengan kehadiran komunitas Isat-BB pada tahun 2008 dan Forum ICITY—kependekan dari Indosat Community—di tahun 2012. Pada Forum ICITY, aneka komunitas dari berbagai interest dipersilakan bergabung. Sebut saja, komunitas gadget, lifestyle, otomotif, sport, dan sebagainya.

Demi mengoptimalkan Forum ICITY, Indosat menggelar brand activation lewat program “Community Fair” di tahun 2013. Setahun berikutnya, Desember 2014, Indosat menyempurnakan aktivasi merek tersebut lewat program “Community Festival”.

Menyadari pentingnya komunitas, diakui Benny, hampir setiap kegiatan pre-launching, launching, hingga post launching yang digelar Indosat selalu melibatkan komunitas. Saat peluncuran BB Q10 di tahun 2013 misalnya, Indosat melibatkan komunitas Isat-BB dan para blogger. Bahkan, pada saat pre-launching, komunitas juga dilibatkan untuk turut mengupas produk BB Q10 lewat kegiatan coaching clinic. “Hasilnya, penjualan BB Q10 Indosat merupakan yang terbaik dibandingkan operator lainnya,” klaim Benny.

Sementara itu, pada saat post launching, Indosat tak pernah absen dengan komunitas. Contohnya, pada saat post launching iPhone 5. Lewat aktivitas roadshow, Indosat menggandeng sejumlah anggota komunitas untuk menjadi coach di ajang coaching clinic untuk konsumen pengguna iPhone 5.

“Kami percaya bahwa komunitas dapat menjadi tools marketing yang mampu menciptakan sekaligus meningkatkan consumer engagement, hingga berujung pada pertumbuhan penjualan,” ungkap Benny yang membawahi dua tim di dalam departemennya, yakni Community Engagement dan Consumer Sponsorship & Event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)