Ketika Komunitas Menjadi Brand Evangelist Toyota

Bicara pasar otomotif, memang tak bisa lepas dengan komunitas. Maklum saja, karakter market Indonesia dalam membeli produk otomotif sangat dipengaruhi oleh peers maupun komunitas mereka. Oleh karena itu, komunitas menjadi salah satu tools marketing paling efektif bagi produsen otomotif dalam memperkuat kinerja bisnis mereka.

TeRuCI menggelar kopdar bertajuk "Brighten Up New Rush 2015"

TeRuCI menggelar kopdar bertajuk "Brighten Up New Rush 2015"

Itu pula yang dirasakan PT Toyota Astra Motor (TAM). Diterangkan Indra Lubis, Head of Community Toyota Astra Motor, saat ini TAM memiliki tak kurang dari 17 komunitas otomotif dari berbagai tipe kendaraan. Komunitas tersebut didirikan secara organik oleh para pengguna merek-merek TAM. “Karakter para member komunitas itu umumnya sangat loyal. Itu sebabnya, jika ada complain atau masalah dengan brand kami, mereka-lah yang lebih dulu membela dan menjelaskan. Bisa dibilang, 80% dari para member komunitas itu adalah loyal. Terbukti, kalau mereka memiliki uang lebih, mereka akan mengganti kendaraan mereka dengan tipe yang lebih tinggi, namun tetap dengan produk Toyota,” katanya.

Diakui Indra, jika lima tahun lalu tren digital marketing sangat akrab dengan dunia pemasaran Indonesia, maka pada dua-tiga tahun terakhir ini, komunitas-lah yang tengah berkembang dan menjadi trend. Tak mengherankan, jika para pengelola merek maupun pemasar tampak giat menggandeng komunitas sebagai salah satu strategi marketing mereka. Tanpa terkecuali TAM, yang tampak konsisten bersinergi dengan komunitas dalam memperkuat brand sekaligus kinerja merek-merek TAM.

Ya, selama ini anggota komunitas otomotif memang telah menjadi brand endorser sekaligus brand evangelist bagi merek-merek Toyota Astra Motor. Sebut saja, komunitas TeRuCI (Terios Rush Club Indonesia). Komunitas yang didirikan sejak tahun 2007 itu telah memiliki member 1.285 premium member yang tersebar di seluruh Indonesia. Komunitas itupun dikenal aktif dalam mengkomunikasikan sekaligus memperkuat merek Rush—yang kini menjadi market leader dengan penguasaan pasar 53% di pasar medium SUV .

Diungkapkan Verly Nursanto, Ketua Umum Pusat TeRuCI, didirikannya TeRuCI untuk menjalin tali silaturahmi dan persaudaraan serta sharing ilmu seputar isu otomotif. “Kami memiliki agenda rutin sepanjang tahun, seperti kopdar (Kopi Darat) dan silaturami antar anggota, aksi sosial, touring, jambore nasional TeRuCI, hingga agenda pengajian rutin,” tegasnya.

Pada April ini (10/4) misalnya, TeRuCI menggelar program kopdar dengan anggota komunitasnya di Jakarta. Dikemas lewat sharing session dengan tema “Brighten Up New Rush 2015”, kegiatan kopdar tersebut diikuti oleh para member TeRuCI. Menurut Verly, tema tersebut dipilih karena pada pertengahan Maret lalu, Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan Toyota New Rush—yang notabene telah menarik minat para member TeRuCI.

“Acara ini didukung oleh TAM, Auto 2000, serta Nasmoco sebagai main dealer Toyota. Kami juga didukung oleh GT Radial, Garda Oto, dan audio modifikator Audioworkshop. Di sepanjang April ini, program kopdar dengan tema Brighten Up New Rush 2015 juga akan digelar di tiga kota lainnya, yakni Bandung, Semarang, dan Surabaya,” tutup Verly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)