Kolaborasi Tiga Bank BUMN Untuk Single EDC Link

Tiga bank milik negara, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI bekerja sama untuk penggunaan single EDC Link untuk tiga bank tersebut sekaligus. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Hery Gunardi Direktur Micro dan Retail Banking Bank Mandiri, Darmadi Sutanto Direktur Consumer dan Retail BNI, dan Agus Toni Direktur Consumer Banking BRI pada Senin (18/8) di Jakarta. Bentuk kolaborasi dari tiga bank BUMN ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para merchant, membuat biaya investasi lebih efisien serta membantu agar proses laporan akan lebih cepat.
Untuk tahap awal, 20.000 unit EDC Link akan didistribusikan ke kota besar, diantaranya Jakarta, Bandung, dan Malang untuk 10 merchant yang sudah menjadi nasabah diantara tiga bank tersebut, seperti Erafone, iBOX, dan Samsung Store.

Untuk tahap awal, 20.000 unit EDC Link akan didistribusikan ke kota besar, diantaranya Jakarta, Bandung, dan Malang untuk 10 merchant yang sudah menjadi nasabah diantara tiga bank tersebut, seperti Erafone, iBOX, dan Samsung Store.

“Dengan adanya kerja sama ini, makin banyak toko yang bisa menerima EDC kami, dan semakin banyak toko-toko yang bisa menerima transaksi non-tunai karena total nasabah Mandiri, BRI, dan BNI ada sekitar 50 juta orang. Hal ini sejalan dengan inisiatif Bank Indonesia untuk melakukan Gerakan Nasional Non Tunai,” ungkap Hery kepada MIX Marcomm. Sementara, pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Kebijakan dan Pengembangan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Yura Djalin mengatakan, "Kami mengapresiasi kolaborasi ini karena sejalan dengan program BI untuk meningkatkan transaksi non tunai. Bentuk pembayaran non-tunai bertujuan untuk mengurangi tindak kriminal seperti pemalsuan dan untuk mengurangi pembuatan uang yang tiap tahunnya menghabiskan dana sekitar Rp 3 triliun. Dan dengan adanya penyatuan, lebih menghemat biaya, sistem pembayaran lebih efisien, dan lebih mudah." Pada tahap awal ini, 20.000 EDC Link siap didistribusikan ke kota besar, diantaranya Jakarta, Bandung, dan Malang untuk 10 merchant yang sudah menjadi nasabah diantara tiga bank tersebut, seperti Erafone, iBOX, dan Samsung Store. Saat ini EDC Link diproses oleh operator dari bank masing-masing. Namun untuk lebih memudahkan merchant dalam contact report, ke depannya EDC Link akan dikelola oleh satu operator untuk tiga bank tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)