Mengapa Model Komunikasi Pemasaran Harus Berubah?

 

Saat ini makin banyak perusahaan atau merek yang menyadari bahwa hanya dengan mengkaji ulang model komunikasinya, mereka bisa merebut peluang yang menarik. Karena itu mereka mengembangkan model pendekatan komunikasi pemasaran yang tidak konvensional. Setidaknya mereka tidak lagi hanya mengandalkan satu media komunikasi. Sunpride misalnya, kini mengandalkan komunitas, social media, aktivasi merek, dan public relations (PR) sebagai channel komunikasi utama tim marketing komunikasi Sunpride.

Komunikasi pemasaran alternatif ini merupakan respon langsung terhadap perubahan harapan baik konsumen dan perubahan sosial. Tapi seperti hanya dengan pendekatan tidak konvensional, pemasaran alternatif juga merupakan suatu keharusan bagi merek. Ini karena pemasaran alternative memiliki dua keuntungan utama. Pertama, biaya pengembangan dan operasional umumnya jauh lebih rendah dari kampanye media berbasis tradisional. Kedua, karena orisinal, mereka memberikan merek kesempatan untuk menghasilkan banyak buzz tentang strategi komunikasi mereka.

Sebuah kegiatan komunikasi pemasaran selalu mengejar salah satu dari dua gol, meningkatkan pengakuan konsumen atau mempromosikan produk, layanan, atau merek. Kampanye pemasaran yang tidak konvensional dapat menawarkan respon terhadap beberapa kendala kontekstual seperti makin banyaknya media atau perubahan konsumen.

Salah satu yang menjadi trend pendekatan komunikasi pemasaran yang tidak konvensional adalah pemasaran jalanan. Pemasaran jalanan adalah pemasaran atau mempromosikan produk atau jasa dengan cara yang tidak konvensional di tempat umum. Titik utama pemasaran jalanan adalah bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara eksklusif di jalanan atau tempat umum lainnya, seperti pusat perbelanjaan.

Tidak seperti kampanye pemasaran publik konvensional yang memanfaatkan billboard, pemasaran jalanan melibatkan penerapan beberapa teknik dan praktek dalam rangka membangun kontak langsung dengan pelanggan. Salah satu tujuan dari interaksi ini menyebabkan reaksi emosional di klien. Tujuan akhir dari pemasaran jalanan adalah untuk mendapatkan orang untuk mengingat merek dengan cara yang berbeda dari yang biasa mereka gunakan.

Merek atau perusahaan penggangu (disruptor) masuk dari ujung pasar paling bawah dan mengambil pasar dari para pebisnis mapan yang awalnya tidak ingin atau telah berhenti memperhatikannya. Tapi setelah disruptor tadi memperoleh pijakan di pasar, disruptor terus berinovasi dan mendapatkan lebih banyak dan lebih market-share sampai mereka yang terganggu terlambat meresponnya. Banyak contoh-contoh yang bisa dijadikan pelajaran semisal yang terjadi pada Nokia, BlackBerry dan sebagainya

Inti dari masalah ini adalah perusahaan tidak hanya harus benar-benar fokus pada cara-cara inovatif untuk menciptakan nilai bagi pelanggan mereka, namun juga harus terus memelihara dan meningkatkan mesin-mesin keunggulan mereka. Intinya, inovasi adalah "inovasi berkesinambungan," yang berarti terus melakukan perbaikan tambahan dalam kategori dan model bisnis yang sudah ada.

Ketika dihadapkan dengan inovator mengganggu, merek atau perusahaan mapan biasanya bereaksi dengan mencoba untuk menurunkan harga mereka. Ini memanifestasikan dirinya dalam dunia agen dengan perusahaan-perusahaan menurunkan biaya dalam negosiasi dengan pengadaan. Tapi hasilnya adalah bahwa perusahaan-perusahaan tradisional besar sekarang terjebak dalam spiral dan terus menyusut baik dalam ukuran relatif dan tinggi badan. Disinilah tantangan agensi komunikasi pemasaran agar kreatif memberikan solusi. Bila tidak mereka akan kehilangan kliennya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)