Pentingnya Menjadikan Layanan Purna Jual Sebagai Competitive Advantage

Dalam beberapa tahun terakhir, pertarungan di industri elektonik Tanah Air makin ketat. Oleh karena itu, mengandalkan inovasi produk semata sebagai competitive advantage, tidaklah cukup. Untuk itu, demi memenangkan persaingan, tak sedikit dari merek-merek elektronik mengedapankan jaringan service mereka. Mengapa? Lantaran, layanan service juga menjadi salah satu variable penentu keputusan pembelian produk elektronik.

IMG_20150625_38413__1435204161_83249 Armada truk SHARP Mobile Service Station (SMSS), bukti komitmen SHARP pada pelayanan purna jual

PT SHARP Electronics Indonesia pun menyadari hal itu. Selain dikenal sebagai heritage brand dan produknya yang inovatif, SHARP menjadikan jaringan service sebagai kuncinya. Untuk itu, pada pekan ketiga Juni 2015, SHARP melungkapi kembali armada operasional servisnya. Yakni, dengan melucurkan armada truk SHARP Mobile Service Station (SMSS) keduanya, guna menjangkau seluruh konsumen setia SHARP hingga pelosok negeri.

“SHARP selalu berupaya untuk mengembangkan jaringan service guna menjangkau seluruh wilayah Indoensia, termasuk pelosok Tanah Air. Langkah ini merupakan komitmen kami untuk seluruh konsumen Indonesia yang kian cerdas dan senantiasa mencari nilai lebih dari produk yang mereka beli. Nilai lebih itu antara lain rasa aman dan kemudahan dalam mendapatkan layanan purna jual,” jelas Katsumi Itoi, Senior General Manager Customer Satisfaction Division SHARP.

Melalui kehadiran armada baru itu, SHARP menargetkan kunjungan ke-15 kota di Indonesia. Dengan menyambangi ke berbagai pelosok dengan armada tersebut, SHARP juga akan memberikan layanan konsumen berupa konsultasi, edukasi, perawatan, dan perbaikan unit. Sebagai langkah awal, armada truk SMSS tersebut akan singgah di berbagai kota di Pulau Jawa. Antara lain, Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Cianjur, dan Sukabumi.

“Sampai saat ini, SHARP memiliki titik layanan service yang jumlahnya melampaui merek-merek lain. Yaitu, 382 titik, termasuk 140 unit armada mobil dan 2 unit SMSS yang telah menjangkau lebih dari seratus kota di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. Dengan total jarak tempuh 150 kilometer sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 lalu,” tambah Ronald R. Huawae, General Manager Customer Service Division SHARP.

Masih belum cukup, SHARP pun memaksimalkan jaringan service-nya dengan merilis fitur terbaru dari SHARP CS Mobile Applications, yang dapat diakses melalui ponsel. Melalui aplikasi itu, konsumen yang tak sempat menghubungi customer service SHARP melalui telepon dapat langsung melakukan permintaan service di rumah hanya dengan sekali klik.

“Di mana saja dan kapan saja, SHARP ingin para pelanggan dapat senantiasa terhubung secara mduah dan cepat. Dengan fitur baru ini, semua layanan kami pun kini ada dalam genggaman para pelanggan kami,” tutup Ronald.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)