Prudential Edukasi Ribuan Perempuan Indonesia tentang Literasi Keuangan

Membangun brand lewat format edukasi dengan menyasar segmen perempuan kembali dilakukan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Kali ini Prudential menggelar program literasi keuangan bertajuk 'Tips Mengelola Keuangan' di Jakarta, pada Kamis (20/11). Program tahunan berkategori roadshow di 12 kota besar di Indonesia tersebut memiliki target total peserta 6.250 perempuan di seluruh segmen ekonomi untuk bergabung.

(ki-ka) Ibu Eveline Kusumo Widagdo - Operations Director Prudential Indonesia dan Ibu Srie Agustina - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Meninggalkan Ruangan Lokakarya

(ki-ka) Ibu Eveline Kusumo Widagdo - Operations Director Prudential Indonesia dan Ibu Srie Agustina - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Meninggalkan Ruangan Lokakarya

Program Pelatihan Sadar Keuangan untuk Perempuan merupakan bagian dari kampanye besar Corporate Social Responsibility (CSR) Prudential Indonesia bertajuk “Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi”. Salah satu misinya adalah untuk mencapai dan memberikan manfaat positif bagi 1.000.000 orang masyarakat Indonesia demi mewujudkan kesejahteraan yang lebih baik.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Rinaldi Mudahar, mengatakan, “Prudential Indonesia menyadari bahwa peranan perempuan yang sangat penting dalam manajemen keuangan keluarga, masih belum didukung oleh tingkat kesadaran dan kemampuan pengelolaan keuangan yang memadai, terutama bagi perempuan berpenghasilan rendah.”

Karena itu, sahut Rinaldi, hal ini yang menjadi dasar bagi Prudential Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan dasar pengelolaan keuangan kepada perempuan Indonesia. Objektifnya, meningkatkan kesadaran keuangan perempuan yang lebih baik yang akan meningkatkan kesejahteraan keluarga, hingga akhirnya dapat berkontribusi pada perekonomian negara.

Sejatinya, program pelatihan sadar keuangan yang digagas Prudential memberikan materi dasar-dasar pengelolaan keuangan, informasi lembaga dan produk keuangan, yang dikemas ringan. Di sana dihadirkan juga latihan dan simulasi bagaimana cara mengatur dengan tepat pengeluaran berdasarkan penghasilan yang diterima, dengan para pengajar atau pembawa materi yang merupakan para perempuan relawan karyawan Prudential Indonesia.

Kota yang akan menjadi target dari program literasi keuangan dari Prudential ini mencakup Bogor, Bandung, Banda Aceh, Surabaya, Manado, Kupang, Yogyakarta, Banjarmasin, Denpasar, Palembang, Medan, dan Jakarta.

Program yang ditujukan bagi para ibu rumah tangga dan pelaku usaha sektor informal dengan penghasilan Rp 500.000 – Rp 2.500.000 per bulan itu didukung oleh tiga Kementerian, yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut hasil survei literasi keuangan nasional yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK, 2013), hanya 19% perempuan yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan perilaku literasi keuangan. Padahal perempuan yang populasinya hampir sama dengan laki-laki, mencapai sekitar 118 juta jiwa (49,7%) adalah sumber daya manusia yang sangat potensial bagi pembangunan. Sebanyak 60% pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah perempuan, sedangkan sektor ini memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)