Susu Formula Susu Formula

Jika Anda jeli memperhatikan beberapa kreatif tayangan iklan susu pertumbuhan untuk anak di layar kaca belakangan ini, tentu akan dijumpai banyak kemiripan. Yakni, sama-sama menonjolkan kecerdasan sang balita--yang notabene merupakan pengkonsumsi produk tersebut. Yang menarik, tak ubahnya iklan rokok, di penghujung iklan, cerita senantiasa ditutup dengan menayangkan gambar produk sekaligus menyebut merek susunya.

Menengok jauh ke belakangan, cerita kreatif iklan semacam itu tentu saja sangat berbeda dengan kreatif iklan susu pertumbuhan untuk anak yang tayang beberapa tahun sebelumnya. Itu artinya, telah terjadi pergeseran kreatif untuk tayangan iklan susu pertumbuhan untuk anak. Beberapa tahun lalu, iklan susu pertumbuhan untuk anak lebih banyak menonjolkan kandungan produk susu, seperti DHA dan Omega 3.

Mau bukti? Mari kita pelajari sejumlah merek susu pertumbuhan untuk anak yang akhir-akhir ini rajin wara-wiri di televisi. Cerita iklan Anmum Essential misalnya, dibuka dengan edukasi tentang adanya 100 miliar sel otak yang dimiliki sang buah hati, sehingga anak mampu memiliki daya tangkap optimal. Di dalam iklan tersebut, kecerdasan sang anak--karena memiliki 100 miliar sel otak--digambarkan dengan kebisaan sang bocah menulis. Di akhir cerita, iklan ditutup dengan gambar produk susu Anmum Essential.

Bebelac dari Nutricia pun nyaris memiliki story board serupa. Di awali dengan kebisaan anak dalam membuat kartu ucapan "I Love Mom"--yang diiringi lagu 'my first my last my everything'--cerita iklan kemudian diakhiri dengan memasang gambar produk Bebelac dari Nutricia.

Setali tiga uang dengan Anmum dan Bebelac, Chil-School dari Kalbe Nutritional juga memiliki cerita yang mirip. Bocah perempuan cantik digambarkan memiliki kebisaan untuk memainkan permainan sederhana dan tradisional, seperti meniup kincir angin kertas dan gending-gendingan Jawa.

Di pertengahan iklan, tulisan "Aku Bisa !" ditonjolkan, sebagai bentuk meyakinkan audience bahwa dengan bantuan Chil-School, bocah perempuan tersebut bisa menggapai mimpinya. Lagi-lagi, akhir cerita ditutup dengan memasang gambar produk susu Chil-School dari Kalbe Nutritionals.

Merek susu lainnya pun memiliki cerita sekaligus pesan iklan yang tak jauh beda, alias seragam. Sebut saja, Procal Gold dari Wyeth, Nutrilon Royal dari Nutricia, Dancow Nutri Gold dan Dancow Batita dari Nestle, Enfagrow A+ dan Sustagen dari Mead Johnson, Frisian Flag 123, SGM Eksplor 3 dari Sari Husada, dan Pediasure dari Abbot. Semuanya senantiasa menampilkan kecerdasan sang balita di awal cerita iklan, untuk kemudian ditutup dengan memajang gambar produk sekaligus menyebut merek susu.

Tags:
Susu Formula

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)