SHC, Merek Helm Lokal yang Sudah 'Go Global'

Belum banyak produsen helm yang bisa bersaing di pasar luar negeri. Namun CV Triona Multi Industri lewat tiga merek helm yaitu Monza, SHC, dan NZI telah membuktikan mampu merambah pasar ekspor.

Menyasar segmen middle up, helm buatan CV Triona Multi Industri dibanderol di kisaran antara Rp100.000 hingga Rp1 juta per unit.

Bahkan, dikatakan Manager Pemasaran CV Triona Multi Industri, Herwin Aulia, volume rata – rata produksi untuk ketiga merek tersebut saat ini mencapai 20 ribu unit per bulan. Selain itu, CV Triona Multi Industri juga memproduksi helm customize untuk sepeda merek motor Honda sebanyak 300 ribu unit tiap bulan.

Meski jumlahnya belum signifikan, ungkap Herwin, kini kami sudah merambah Spanyol dan Kolombia. “Berharap dapat lebih banyak memasok produknya untuk kebutuhan pasar luar negeri alias ekspor,” sebutnya. "Jumlah ekspor kami tidak tentu, karena menunggu pesanan. Khusus merek NZI itu helm yang mendapat lisensi dari Spanyol lalu diproduksi di Indonesia."

“Selain ekspor, bisnis helm home industry di dalam negeri juga memiliki kendala, seperti persaingan dengan helm standar nasional indonesia (SNI) yang palsu," tutur Herwin. Karena itu, di awal April 2014 sempat meluncurkan varian khusus untuk pasar Indonesia yang sudah memiliki standar nasional Indonesia (SNI).

“Helm SHC dan Monza dipastikan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan diproduksi oleh pabrik yang memiliki sertifikasi manajemen mutu ISO 9001:2008,” papar Aulia saat ditemui MIX.

Produk unggulan pertama yang dikeluarkan perusahaan ini pada awalnya adalah SHC di tahun 2005. Helm ini didesain khusus untuk wanita muda yang aktif, mandiri dan sangat memperhatikan penampilan. “Grafis untuk SHC terinsipirasi dari flora dan fauna dengan warna yang eye catching tetapi tidak norak dan membuat penggunanya semakin percaya diri,” Jelas Herwin.

Sedangkan Monza sendiri menjadi pilihan untuk anak muda sekarang yang menyukai gaya retro, berani tampil beda dan ingin selalu trendy. Pilihan helm open face dengan grafis yang terinsiprasi dari keseharian anak sekarang, seperti 8 ball, vinyl, vibrant color, orange dan ungu.

Dibanderol dikisaran antara Rp100.000 hingga Rp1 juta per unit, harga helm buatan Triona Multi Industri memang menyasar segmen pasar middle hingga middle up. Level harga tertinggi biasanya untuk helm modifikasi yang tampilannya mengikuti pesanan konsumen atau customize. Untuk jangkauan pasar domestik, keseluruhan produk SHC penjualan untuk pasar domestik sekitar 60% berada di luar Pulau Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “SHC, Merek Helm Lokal yang Sudah ‘Go Global’”

selamat ya untuk prestasi market nya......oiya...perusahaan kami sering menangani pamerannya honda lho....mungkin lain waktu kita dapat bekerjasama dalam suatu project... sekali lagi selamat sudah merambah ke pasar ekspor Best regards, DITA NOVITA Marketing Support ARSY Integrated Marketing Communication Jl. Ketintang Selatan I/15 kav. 76 Surabaya Phone/Fax : 031 - 828 5364 Hp : 081332613260;085649278080 Pin BB : 2784A8D3 Email : ovi@arsy-marketing.com Website : www.arsy-marketing.com
by Dita Novita, 04 Jun 2014, 10:17

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)