Industri farmasi menjadi pasar yang selalu menggiurkan. Bayangkan saja, nilai bisnisnya—di luar produk asuransi kesehatan—ditaksir menyentuh angka Rp 30 triliun dalam setahun. Tak heran, jika banyak produsen farmasi—baik lokal maupun multinasional—tampak adu strategi demi memenangkan persaingan.

SOHO Group pun tak mau ketinggalan. Lewat produk ethical andalannya, yang notabene masih menjadi penyumbang terbesar, SOHO Group agresif melancarkan strategi “Scientific Education”. Seperti apa? Simak wawancara lengkap Dwi Wulandari dari Majalah Mix dengan Marketing Director SOHO Group PHARMA Sie Manule.

Marketing Director SOHO Group PHARMA Sie Manule.

 

Bagaimana peta persaingan produk farmasi, terutama produk ethical (obat dengan resep dokter)?

Seiring dengan gaya hidup sehat yang sudah menjadi tren di Indonesia, pengaruh seasonal seperti wabah demam berdarah dan flu burung, serta keadaran hidup sehat yang meningkat, maka akan membawa dampak positif bagi industri farmasi di Tanah Air. Bagi produk ethical, maka ada prospek untuk produk obat yang sifatnya untuk pencegahan berbagai penyakit, seperti produk vaksin.

Persaingan di antara produsen produk-produk ethical, belakangan memang makin ketat. Maklum saja, nilai bisnis di industri farmasi, di luar industri asuransi kesehatan, sekitar Rp 30 tirliun dalam setahun. Oleh karena itu, kami dituntut untuk mampu memenangkan persaingan dengan cara profesional, kreatif, maupun inovatif.

Bagaimana kontribusi produk ethical terhadap total revenue SOHO Group?

Sampai sekarang, produk ethical masih dominan. Dibandingkan dengan produk OTC (over the counter) atau obat yang dijual bebas, maka produk ethical menyumbang sekitar 70%, sedangkan OTC masih 30%.

Pertumbuhan produk ethical SOHO setiap tahunnya?

Masih di atas pertumbuhan pasar. Rata-rata pertumbuhan pasar nasional sendiri tiap tahunnya mencapai 8-10 persen. Kami tumbuh belasan persen.

Produk ethical yang menjadi backbone atau andalan SOHO?

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)