Tips Memaksimalkan Twitter untuk Marketing Campaign

Di tengah menjamurnya akun media sosial yang ada, Twitter telah menjadi salah satu perangkat marketing campaign yang efektif untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan identitas brand. Untuk dapat memaksimalkan fungsi Twitter sebagai sarana marketing sekaligus branding, JT Ripton memberikan tips-tips berikut ini.

twitter-marketing-tools

Tips-tips untuk memaksimalkan kinerja Twitter

1. Jangan Menggunakan Seluruh Karakter yang Tersedia

Jumlah karakter yang disediakan oleh Twitter sangat terbatas, yakni hanya 140 karakter. Banyak marketers yang tidak menyadari bahwa ketika mereka menggunakan seluruh karakter di Twitter, maka jumlah orang yang me-retweet akan semakin berkurang. Ini disebabkan karena kebanyakan followers ingin menambahkan komentar di pesan tersebut. Sebaiknya, gunakan maksimal 125 karakter dalam setiap tweet agar para followers dapat menambahkan “RT(retweet)”, “MT (Modified tweet)”, dan komentar-komentar saat mereka membagi tweet Anda.

2. Gunakan “List Feature” Lebih Sering

Para marketers harus mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang-orang berpengaruh dan perusahaan di dalam Twitter. Gunakan “list feature” sehingga Anda dapat membuat grup berisi akun-akun yang Anda ingin follow. Kemudian, Anda dapat melihat “list timeline” untuk membaca tweet dari orang-orang yang ada di dalam daftar tersebut. Menggunakan fitur “list feature” merupakan cara termudah untuk memantau percakapan di Twitter.

3. Gunakan Trending Hashtags yang Relevan

Hashtags dapat membantu marketers untuk memasuki percakapan yang relevan mengenai trending topics. Hashtag yang popular biasanya berkaitan dengan event olahraga, berita, dan kampanye marketing. Jika Anda tidak mengetahui hashtag apa yang digunakan oleh orang lain, maka Anda tidak dapat bergabung di dalam percakapan. Anda juga dapat mengakses hashtags.org, trendsmap.com atau hashtigfiy.me untuk membantu Anda dalam menemukan tranding hashtag yang relevan untuk tweet Anda.

4. Koneksikan Twitter dengan Perangkat Mobile

Para marketers perlu untuk mempertimbangkan dampak dari perangkat mobile terhadap perilaku netizen dalam hal menggunakan sosial media. Ripton mengungkapkan, 19 persen pengguna perangkat mobile menggunakan perangkat tablet Android terbaru untuk mengakses Twitter. Ketika Anda memberikan link di dalam Tweet Anda, pastikan bahwa link tersebut mampu terkoneksi dengan berbagai perangkat Android terbaru. Jika tidak, maka Anda akan kehilangan banyak sekali viewers potensial.

5. Lakukan Tweet pada Saat yang Tepat

Agar Tweet Anda dilihat oleh banyak orang, pastikan Anda men-share-nya pada saat banyak followers sedang online dan aktif. Untuk mengetahui apakah banyak followers sedang aktif atau tidak, Anda dapat menggunakan Tweriod. Situs ini dapat menganalisa followers Anda dan kemudian membuat jadwal setiap harinya. Situs ini juga dapat memberikan gambaran statistik umum serta grafik per jam sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda men-share Tweet di waktu yang tepat.

6. Berikan Link di Awal Tweet

Walaupun kebanyakan orang men-share link di akhir Tweet, namun riset menunjukkan bahwa orang lebih banyak meng-klik link yang ditaruh pada seperempat awal tulisan.

7. Jangan Teralu Mengandalkan Tombol Retweet

Banyak pengguna sosial media berpikir bahwa retweet merupakan jawaban yang tepat untuk meraih lebih banyak followers di Tweeter. Retweet memang dapat membantu menarik follower dan membangun hubungan dengan berbagai tokoh di dalam industri. Namun, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan tombol Retweet. Sering kali, retweet hanya muncul pada orang yang secara langsung terlibat di dalam percakapan. Hal tersebut membatasi pengaruh Anda. Daripada menggunakan tombol Retweet, sebaiknya Anda meng-copy paste pesan agar dapat mengkreasikannya sendiri. Taruh pula “RT” dan orang-orang yang pertama kali berbicara pada awal Tweet, sehingga followers Anda tahu siapa yang menulisnya. Jika Anda memodifikasi Tweet asli, gunakan “MT”. Gunakan “RT” ataupun “MT” di awal Tweet, karena jika Anda mulai dengan menyebutkan siapa “poster” awal kalimat tersebut, maka pesan yang Anda kirimkan tidak akan terlihat oleh followers lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)