MIX.co.id - Seperti bisnis ritel pada umumnya, pasca pandemi bisnis Astra Otopart Shop & Drive juga belum pulih seperti kondisi tahun 2019. Meski era new normal membawa banyak p erubahan terhadap perilaku pelanggan, faktanya tak banyak transaksi penjualan oli yang terjadi melalui e-commerce. Padahal mereka sadar benar, platform e-commerce memiliki potensi yang sangat besar sebagai channel penjualan.
Apa yang dilakukan? Tim brand guardian Astra Otopart Shop & Drive yang digawangi oleh Lie Se Chiang, Retail Marketing Dept. Head; Bayu Oktaviyanto, Business Process Development Dept. Head; dan Nugroho Arifianto, DigitalizationDept. Head, memutuskan untuk lebih fokus melakukan perbaikan strategi komunikasi di e-commerce.
Hal pertama mereka lakukan adalah mendorong iklan dan program kampanye di setiap e-commerce. Bersamaan dengan itu mereka menyegarkan desain foto produk yang lebih informatif atas program-program mereka seperti garansi, layanan antar ke rumah, gratis biaya penggantian, dan logo call center. Untuk servis antar ke rumah, mereka juga menambahkan jenis mobil dan layanan pada kolom deskripsi produk. Dan terbukti, awareness terhadap e-commerce ini, menurut mereka, berhasil menghemat anggaran promosi. Sementara di toko offline, mereka juga intensif menempatkan materi promosi seperti banner, tent card, dan lain-lain.
Tak lupa mereka juga merawat media sosial secara intensif dan melakukan analisis data untuk memfilter pelanggan. Di marketplace (Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JDID), mereka mengarahkan agar pelanggan berbelanja menggunakan voucher. Dan kepada pelanggan yang telah membeli voucher untuk pembelian baterai dan oli secara online, mereka selalu mengingatkan agar melakukan penggantian oli secara berkala. Selain itu, mereka berjuang keras untuk mempertahankan rating dan ulasan produk agar selalu mendapatkan 5 bintang.
Strategi ini membuahkan hasil yang terlihat dari meningkatnya penjualan hingga mendekati transaksi di toko offline mereka. Sinergi dengan Astra Otoshop juga menghasilkan awareness bagi kedua belah pihak. Di luar itu, secara kesuruhan strategi omnichannel yang mereka terapkan berhasil memperkuat brandimage dan awareness Shop & Drive sebagai solusi untuk baterai mobil paling andal. (bin)