MIX.co.id - Salah satu hasil kerja tim brandguardian Mayora yang efektif dan berdampak dalam mengawal brand keluaran perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tersebut tercermin dalam kampanye Sari Gandum yang bertema “Lebih Enak Kenyang”. Kampanye ini menghasilkan kinerja brand yang signifikan, baik dari pencapaian brand awareness, mendapatkan konsumen baru melalui strategi trialist sekaligus meningkatkan penjualan.
MIX memberikan apresiasi tinggi atas kerja keras dan kekompakan tim brandguardian Mayora yang digawangi MarketingManager Anastasia Desy, Brand Manager Danurwindo Amiseno Jati, dan Senior Global Brand Manager Anisa Fahnaz. Atas kinerja mereka, kami memilih mereka sebagai salah satu tim brandguardian dalam ajang Indonesia Brand Guardianship Champion 2022.
Kampanye Sari Gandum dibesut dengan tema “Lebih Enak Lebih Kenyang.” Melalui kampanye tersebut, mereka ingin memperkuat hubungan brand dengan remaja gen Z usia 15-19 tahun yang rata-rata merupakan siswa SMP dan SMA dari kelompok Social Economic Status (SES) ABC (level tertinggi hingga menengah).
Untuk mewujudkan obyektif tersebut, tim merumuskan tiga misi besar untuk brand. Pertama, mengangkat brandawareness produk. Obyektif ini kemudian mereka eksekusi melalui strategi komunikasi yang “cut through & appealing” dengan fokus pada brandmessage “lezat dan mengenyangkan”. Misi tersebut mereka selesaikan melalui kampanye Above The Line (ATL) atau advertising di TV Commercial dan aktivasi digital yang menyenangkan berupa video, game dan giveaway, selain komunikasi melalui media sosial tentu saja.
Tugas kedua adalah mendorong terjadinya product trial dalam jumlah besar. Hal ini kemudian mereka eksekusi melalui beberapa strategi yang bisa menambah konsumen baru melalui sampling dan promosi. Tak kurang dari 500 ribu pelajar berhasil mereka jangkau dengan menyebarkan 100 ribu paket pelajar selama kuartal pertama tahun ini.
Dan tugas ketiga adalah pembenahan di bidang distribusi untuk meningkatkan ketersediaan dan visibilitas produk dalam skala ritel yang paling dekat dengan targetmarket. Misi ini mereka eksekusi melalui distribusi produk ke 1.000 moderntrade dengan menyebarkan 300 orang SPG (Sales Promotion Girls).
Kerjakeras tim yang terarah dan fokus memberikan hasil signifikan. Selama kuartal pertama 2022, nilai penjualan produk Roma Sari Gandum berhasil tumbuh doubledigit, tertinggi di antara produk sejenis dalam kategori industrinya. (bin)