MIX.co.id - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau disebut Indonesia Re, merupakan perusahaan reasuransi BUMN yang memiliki peran untuk menyerap risiko asuransi dan meningkatkan retensi premi dalam negeri yang diharapkan dapat mengurangi defisit neraca pembayaran dari sektor perasuransian.
Untuk memperkenalkan Indonesia Re sebagai perusahaan reasuransi yang memiliki peran penting dalam menopang bisnis asuransi di Indonesia, Persero ini mengadakan sebuah aktivasi brand. Brand activation itu sekaligus diintegrasikan dengan aktivasi literasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya asuransi.
Brand activation Indonesia Re dimulai dengan merancang sebuah cerita melalui pesan yang relevan dan up to date dengan isu terkini di publik. Sebagai nilai tambah yang diharap bisa memancing keterlibatan publik, mereka membuat content activation dan mengajak publik untuk mengikuti mereka media sosial Indonesia Re serta menjalin kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL).
Amplifikasi program dilakukan melalui beberapa channel yang disesuaikan agar jangkauan dan interaksi dengan audiens bisa semakin luas. Selain itu, mereka juga melibatkan karyawan sebagai ‘Social Media Rangers’ untuk membantu percepatan dan penyebaran informasi melalui media sosial.
Dalam melaksanakan kampanye dan publikasi, Perusahaan menggunakan berbagai platform komunikasi yang sesuai dengan target stakeholder/audiens. Platform media sosial yang digunakan adalah Instagram, Twitter (X) dan LinkedIn. Selain itu mereka juga melakukan blocking time di Metro TV dalam acara Indonesia Re International Conference 2023. Juga dilengkapi dengan event branding dan expo.
Hasilnya, jumlah followers di semua platform media sosial mengalami peningkatan setiap bulannya, dengan tren engagement rate yang meningkat di hampir semua platform. Channel Instagram dan YouTube memiliki peningkatan rate lebih tinggi karena merupakan media sosial yang lebih populer di masyarakat.
Datacrawling dengan kata kunci Reasuransi, IndonesiaRe, Reinsurance, IndonesiaReforReinsuranceSolution, SobatRIU, dan SolusiReasuransi, Ripple10 Digital Listening Tools selama Januari-Juni 2024 mencatat, kampanye ini berhasil mendapatkan totalstream sebesar 4,415 dengan tone positif sebesar 73,67%, potensial reach sebesar 20,2 juta dan level engagement sebesar 2,845. Dengan kinerja seperti itu, Ivosights memberikan rating Very Good untuk kampanye digital Reasuransi Indonesia.
Selain itu, tim brand communications Indonesia Re mencatat, jumlah coverage berita perusahaan di berbagai media online nasional selama periode kampanye tersebut mengalami peningkatan sampai 61% dibandingkan tahun 2022. (Nurur R Bintari)