Sesuatu di Jogja dari Agrinesia Raya "Indonesia Brand Communication Excellence 2024" Digital Brand Campaign Judges Review Category

MIX.co.id - “Sesuatu di Jogja” adalah sebuah kampanye yang mengajak audiens untuk menjelajahi kota Jogja dengan ditemani oleh-oleh dan lagu ikonik yang bisa dinikmati melalui saluran digital. Kampanye digital ini merupakan upaya untuk memperkuat posisi Bakpia Kukus Tugu Jogja sebagai pelopor oleh-oleh ‘Jogja Rasa Baru’.

Rangkaian kampanye Sesuatu di Jogja dimulai di platform Instagram melalui konten teaser yang di-posting oleh Own Media Bakpia Kukus Tugu Jogja, dilanjutkan dengan informasi solo showcase Adhitia Sofyan, sang pemilik lagu.

Usai masa teaser, kampanye dilanjutkan dengan rilis lagu jingle “Sesuatu di Jogja”, dengan aransemen khusus di semua platform musik di Indonesia. Bersamaan dengan itu juga dilakukan peluncuran event cover jingle “Sesuatu di Jogja” di semua platform media sosial. Konsumen bisa menggunakan musik tersebut sebagai background musik Tiktok mereka.

Upaya ini berhasil menarik 118 submission di kedua media sosial tersebut. Sisi optimalisasi medium digital untuk melibatkan audiens inilah yang dipuji juri Bambang Sukma Wijaya, kendati menurutnya, praktik akuisisi sebuah lagu menjadi theme song kampanye sebuah brand seperti itu bukan merupakan ide baru. Namun lebih dari itu, juri Janoe Arijanto menilai, “Sesuatu di Jogja” adalah sebuah shortcut positif dalam menambahkan elemen emosi yang kuat pada brand.

Kampanye digital ini berhasil mendapatkan lebih dari 10 juta impression, dengan total pemirsa sebesar 6.237.269 di kanal Instagram, sementara di Tiktok mampu menumbuhkan 3.100 followers baru dengan total 1.800.000 reach, 238.649 listener lagu, dan 7.606 video dengan backsound lagu tersebut. Selama periode kampanye, audience rate TikTok naik lebih dari 199.99%, dan video views naik 143.72%. Lebih dari itu, kinerja penjualan juga terdampak signifikan dengan kenaikan mencapai 10% selama periode program di kuartal pertama. Selain itu, mereka juga mendapatkan 15 publikasi media lokal dan nasional.

Kampanye ini berhasil mendapatkan engagement rate index sebesar 65,07 dan berhak mendapatkan predikat very good untuk kategori kampanye digital dalam event Indonesa Brand Communications Excellence 2024 yang diadakan Majalah MIX Marcomm. Menurut juri Yazied Syafaat, Creative Director Srengenge Culture Lab yang berdomisili di Jogja, untuk sebuah brand lokal, eksekusi kampanye selengkap dan serapi ini patut diacungi jempol. (Nurur R Bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)