MIX.co.id - Fokus utama Starbucks untuk Earth Month tahun ini adalah ‘A Team Effort’ atau ‘Pengupayaan Bersama’ – sesuai dengan janji (promise) Starbucks kepada partners, pelanggan dan lingkungan hidup tempat manusia bermukim. Melalui pesan tersebut, mereka mengajak para stakeholders-nya, terutama konsumen, untuk mengubah tujuan besar menjadi kemungkinan nyata dengan bersatu sebagai sebuah tim dan berfokus pada pekerjaan yang kita lakukan.
Apakah ajakan tersebut efektif? Sigi Ripple10 Digital Listening Tools sepanjang Januari-Juni 2024 yang dilakukan Ivosights memperlihatkan kampanye ini mendapatkan totalstream sebesar 80, di mana 85,21% di antaranya memberikan tone positif. Kampanye ini memiliki potensial reach 3,861,176, dan engagement 378. Kampanye ini sukses di Facebook dan Instagram, dengan menempati posisi pertama untuk engagement di kedua media sosial tersebut sehingga Ivosights memberikan rating Very Good untuk kampanye Starbucks Earth Month ini.
Inisiatif hijau sebenarnya bukan kampanye baru bagi Starbucks di Indonesia. Starbucks berupaya menciptakan berbagai pengalaman yang lebih ramah lingkungan bagi pelanggan dan partners antara lain program yang dapat digunakan kembali, sumber daya yang etis, pengurangan limbah, pilihan untuk menikmati bahan-bahan berbahan dasar nabati atau plant-based.
Untuk berkontribusi lebih banyak terhadap bumi, Starbucks telah berinvestasi pada berbagai komunitas yang dilayaninya di seluruh dunia. Salah satunya lewat program Starbucks Greener Nusantara yang sudah diinisiasi sejak tahun 2018.
Implementasinya antara lain dalam bentuk penggunaan sedotan berbahan dasar kertas untuk mengganti sedotan plastik sekali pakai. Penggunaan gelas daur ulang berbahan 100% recycled poly-ethylene terephthalate (rPET), dan program Bring Your Own Tumbler (BYOT) yang digalakkan setiap hari Kamis dan tanggal 22 setiap bulannya. Selain itu, pelanggan juga bisa memperoleh ampas kopi secara cuma-cuma di seluruh gerai Starbucks – di mana ampas kopi ini sangat berguna untuk dijadikan pupuk tanaman. (Nurur R Bintari)