Starbucks Earth Month: A Team Effort "Indonesia Brand Communication Excellence 2024" Digital Brand Campaign Judges Review Category

MIX.co.id - Kampanye Starbucks #ATeamEffort diadakan dalam rangka peringatan Earth Month April lalu. Dalam kampanye tersebut, Starbucks mengajak para pelanggannya untuk ikut menyumbang bibit pohon kopi kepada para petani kopi di beberapa area di Indonesia dari setiap pembelanjaan yang mereka lakukan selama periode 15 April- 12 Mei 2024.

Caranya, untuk setiap transaksi pembelian 5 produk Earth Month melalui aplikasi Starbucks Rewards, pelanggan dihitung telah menyumbangkan 1 bibit pohon kopi. Di akhir periode, 5 pelanggan yang berhasil mengumpulkan coffee seeds terbanyak di aplikasi berhak mengikuti Coffee Trip bersama Starbucks ke Bali selama 3 hari 2 malam. Termasuk mengikuti seremonial penyerahan donasi bibit pohon kopi kepada petani kopi di Bali.

Kampanye A Team Effort dirangkai dengan pesan kepada para pelanggan untuk bertransisi dari fokus pada individu dalam menggunakan barang-barang daur ulang, menjadi perayaan bersama atas hal-hal kecil dengan semangat tim. Pesan tersebut antara lain diimplementasikan dalam bentuk merchandise dari bahan upcycle, penawaran pilihan makanan berbahan dasar nabati (plant-based), juga beberapa program ramah bumi lainnya. Sebagai bonus, pelanggan mendapatkan stiker Earth Month secara gratis untuk setiap pembelian kopi ukuran circular cup.

Melalui berbagai material kreatif tersebut, kampanye A Team Effort berhasil mendapatkan 29.388.633 impresi di media sosial, dan 312,524 reach dari sebuah komunitas vegetarian serta 11 key opinion leaders. Dengan engagement rate index sebesar 65,07, brand ini berhak mendapatkan predikat very good untuk kategori kampanye digital dalam event Indonesa Brand Communications Excellence 2024 yang diadakan Majalah MIX Marcomm.

Secara riil, kampanye berhasil mengumpulkan 2.066 bibit kopi dari pelanggan, melengkapi kontribusi perusahaan hingga menjadi 48.000 bibit untuk disumbangkan kepada petani lokal. Lebih dari itu, gerakan ini juga memberikan pengaruh kepada kinerja bisnis dengan peningkatan sales sebesar 18,6%, dan menyumbang 19,2% transaksi pengunjung dibandingkan sebelumnya.

Di tengah berbagai sorotan dunia, menurut juri Janoe Arjanto, kampanye upaya bersama yang dilakukan Starbucks ini berhasil membuat perhatian baru di antara hari-hari minum kopi yang sudah menjadi kebiasaan. (Nurur R Bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)