Starbucks Earth Month: A Team Effort "Indonesia Brand Communication Excellence 2024" Integrated Brand Campaign Category

MIX.co.id - Merayakan Bulan Bumi, pada April 2024, Starbucks menggelar kampanye “Starbucks Earth Month: A Team Effort”. Melalui kampanye itu, Starbucks ingin menggerakkan hati masyarakat Indonesia untuk melestarikan habitat tanaman kopi sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memberi lebih dari yang Starbucks terima.

Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan fokus individu ke perayaan hal-hal kecil yang dilakukan bersama, yang disebut A Team Effort. Antara lain, dengan mengajak pelanggan beralih menggunakan barang-barang daur ulang atau barang-barang yang dapat digunakan kembali.

Pada kesempatan itu, Starbucks juga merilis sejumlah merchandise dari bahan-bahan upcycle, menawarkan lebih banyak pilihan menu berbahan dasar nabati dan planet-based, serta mengajak pelanggan untuk memberikan kembali kepada bumi, dengan cara membeli lima item secara offline pada Bulan Bumi, maka secara otomatis pelanggan telah berdonasi satu bibit kopi untuk petani lokal.

Tidak hanya itu, kampanye ini juga diikuti oleh berbagai program seperti gerakan untuk membawa tumbler sendiri, menggunakan 100% gelas plastik daur ulang, menggunakan sedotan kertas, menggunakan mug (gelas beling) untuk makan di tempat, hingga memverifikasi sebuah gerai Starbucks yang ramah lingkungan di Adhyaksa di Jakarta Selatan, untuk mengurangi emisi karbon, mengurangi penggunaan air, dan mengurangi limbah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Sebagai bagian dari A Team Effort, Starbucks juga berkolaborasi dengan Green Rebel, yang merupakan komunitas vegetarian, untuk berbagi cerita tentang gerakan ini.

Kampanye ini mampu meriah 29,3 juta impresi di media sosial dan mendapatkan 2,07 juta commercialview. Bahkan, Starbucks juga berhasil mengalami kenaikan penjualan sebesar 18,6%, total transaksi bertumbuh 19,2%, dan total pengunjung ke toko naik lebih dari 19,2%.

Menurut anggota dewan juri Janoe Arijanto, Earth Month berusaha membuat perhatian baru, di antara hari-hari minum kopi yang sudah menjadi kebiasaan. Dan usaha itu menunjukkan hasil.

Tak heran, jika kampanye “Starbucks Earth Month: A Team Effort” berhasil meraih predikat “Good” untuk kategori Integrated Brand Campaign pada ajang “Indonesia Brand Communications Excellence 2024” yang digelar Majalah MIX MarComm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)