PZ Cussons - Indonesia Most Engaging Brand 2022 "Baby & Kids Care Category"

MIX.co.id - PZ Cussons masuk ke Indonesia sejak 1988 dengan mendirikan PT Cussons Indonesia. Pada tahun yang sama, perusahaan ini mengakuisisi bisnis sabun milik PT Jaya Makmur Raya. Pada 1990, PZ Cussons mendirikan PT Cussons Distributor Indonesia yang kemudian mengambil alih distribusi Cussons Indonesia. Pada 2007, kedua perusahaan merger menjadi PZ Cussons Indonesia. PZ Cussons Indonesia mengusung produk bermerek Imperial Leather, Asoka, Kids, Sweet Seventeen, Morning Fresh, dan merek backbone yang diklaimnya sebagai pemimpin pasar, sabun Cussons Baby.

Kini, pada usianya yang ke-34 di pasar baby & kids care Indonesia, produk Cussons Baby sudah berkembang menjadi puluhan varian, dengan segmentasi yang sangat luas dari perawatan bayi yang baru lahir, sampai produk perawatan untuk usia anak-anak.

Gaya komunikasi Cussons juga semakin berkembang dan interaktif, baik di channel offline maupun online, termasuk di berbagai kanal media sosial. Salah satu program komunikasi interaktif yang ditujukan untuk membangun brand engagement-nya adalah Cussons Bintang Kecil (CBK) yang pada Oktober tahun lalu merupakan penyelenggaraan tahun ke-10.

Kontes CBK 2021 yang pemenangnya diumumkan pada awal 2022 secara virtual itu mengangkat tema “Hari Penuh Cinta” yang bertujuan untuk memotivasi orangtua agar mengabadikan momen terbaiknya bersama Si Kecil, terutama di masa pandemik ketika hamper semua kegiatan dilakukan di rumah.

Eksekusi program ini menghasilkan engagement yang tinggi dengan khalayak sasaran Cussons, karena berhasil melibatkan kesertaan orangtua/peserta untuk menggunggah video atau foto yang menggambarkan momen penuh cinta bersama Si Kecil di kanal-kanal media sosial dan Website Cussons Baby.

Selama ajang CBK 2021 berlangsung, konsumen dapat sekalian berdonasi melalui pembelian produk Cussons Baby dan Cussons Kids yang kemudian disalurkan melalui Kick Andy Foundation untuk membantu memfasilitasi pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Sigi Ripple 10 yang dilakukan Ivosight selama periode Januari-Maret 2022 merekam sebuah proses engagement yang cukup efektif di berbagai platform media sosial. Sepanjang Januari-Maret 2022, akun Facebook Cusson Baby Indonesia yang memiliki 1,4 juta pengikut melakukan 10 kali post, dan berhasil mendapatkan 27 comment dan 115 reaction.

Tak hanya menyajikan informasi seputar product knowledge dan program-program promo, mereka juga banyak mengangkat tips-tips parenting dan perawatan bayi/anak yang edukatif untuk audiensnya.

Begitu juga dengan akun centang biru @cussonsbabyid di Instagram yang memiliki 199 ribu followers. Padaperiode yang sama, akun ini terekam melakukan 11 kali posting konten yang berhasil memancing 1975 komentar mendapatkan 3651 like. Sigi Ivosight mencatat, selama periode tersebut akun ini memiliki engagement rate sebesar 0,44%.

Berdasarkan tracking yang dilakukan Ivosight sepanjang Januari-Maret 2022, brand Cussons Baby Indonesia berhasil mendapatkan total indeks brand engagement sebesar 85,29. Posisi ini menempatkan PZ Cussons masuk ke posisi 3 besar “Indonesia Most Engaging Brand 2022” dari Majalah MIX Marcomm SWA Media Group. (Bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)