Groufie, Kampanye Baru Head&Shoulders

Tren “selfie” menjadi populer sejak Presiden Barack Obama tertangkap kamera tengah mengambil foto dirinya sendiri menggunakan kamera handphone dalam sebuah acara. Semua orang terkena virus untuk mengabadikan dirinya sendiri dalam situasi tertentu dan ingin segera membagikannya ke media sosial. Begitu maraknya tren itu, kata “selfie” menjadi word of the year versi Oxford Dictionaries di tahun 2013.
P&G Indonesia lewat brand Head & Shoulders luncurkan aktivasi bertajuk "groufie" yang sejak awal kampanye, lebih dari 2300 twit telah diunggah konsumen melalui twitter hanya dalam waktu 7 hari.

P&G Indonesia lewat brand Head & Shoulders luncurkan aktivasi bertajuk "groufie" yang sejak awal kampanye, lebih dari 2300 twit telah diunggah konsumen melalui twitter hanya dalam waktu 7 hari.

Tidak sulit untuk memahami mengapa selfie begitu disukai dan menjadi fenomena media sosial di seluruh dunia. Namun setelah fenomena selfie hampir dinilai sebagai bentuk narsisme atau kecintaan pada diri sendiri, para penggemar foto banyak yang terlihat lebih nyaman melakukan “selfie bersama” dengan teman-teman atau kelompoknya. Survey SelfieCity 2014 mencatat, foto selfie yang diunggah di media sosial ternyata tinggal 3%-5%. Kebanyakan orang saat ini lebih suka mengunggah foto makanan, hewan peliharaan, dan yang paling penting foto bersama teman-teman dan keluarga. Foto bersama terasa lebih menyenangkan dan menunjukkan kedekatan bersama teman-teman atau keluarga koneksi secara fisik yang sebenarnya dibanding koneksi secara virtual. Survey yang dilakukan TNS (Taylor Nelson Sofres) terhadap 1400 responden di seluruh Asia baru-baru ini mencatat, 72% responden di Indonesia mengaku masih menikmati dan menghargai koneksi secara fisik yang sebenarnya dibandingkan koneksi secara virtual. Survey tersebut dilakukan atas permintaan P&G tahun 2014 terhadap 800 responden asal Thailand, 300 orang dari Filipina dan 300 orang dari Indonesia. Sebanyak 78% dari 300 responden Indonesia yang disurvey berpikir lebih senang foto bareng-bareng ketimbang selfie. Sementara 73% berpikir terlihat lebih bahagia ketika berfoto di dalam grup, dan 56% berfikir mereka juga terlihat lebih menarik ketika bersama-sama ketimbang “nyelfie” sendirian. Menggali lebih dalam lagi, 91% setuju bahwa kedekatan secara fisik yang terjadi dengan teman atau orang terdekat saat foto-foto bersama juga dapat membuat perasaan lebih bahagia. Lalu, 74% setuju bahwa ketika melakukan aktivitas grup, membuat mereka merasa lebih bahagia dibandingkan aktivitas yang dilakukan secara inividual. Consumer insight itulah yang kemudian dijadikan alasan bagi brand Head & Shoulders untuk memunculkan istilah “groufie”atau foto bersama-sama dalam grup. Melalui aktivasi ke kampus-kampus, media, perkantoran dan spot-spot komunitas, Head & Shoulders mengenalkan tren #groufie sekaligus menyampaikan pesan brand H&S. Apa relevansinya dengan brand profile H&S? “65% orang menyatakan bahwa mereka segan berdekatan dengan orang lain karena adanya ketombe yang membuat mereka kurang percaya diri. H&S ingin membantu para penggemar foto untuk melakukan groufie dengan penuh percaya diri, tanpa ketombe,” tutur Febrina Herlambang, Brand Communication Manager P&G Indonesia. Kantor Redaksi Majalah MIX Marcomm masuk dalam spot komunitas yang menjadi target aktivasi kampanye #groufie H&S bersama 7 media lainnya. Dengan membawa dua brand ambassador H&S, Darius Sinathrya dan Richard Sam Bera, tim P&G yang dikomandani Febrina dan dikawal Proximity Agency mengajak segenap awak redaksi dan staf kantor majalah MIX untuk merasakan experiental marketing ber-#groufie – ria. Sesuai ketentuan kompetisi #groufie H&S, edisi narsis berkelompok itu kemudian kami unggah dalam media sosial twitter dan facebook. H&S mencatat, sejak istilah groufie mereka perkenalkan, lebih dari 2300 twit telah diunggah konsumen melalui twitter hanya dalam waktu 7 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)