Per awal Agustus 2014, aplikasi social chat asal Korea, LINE, mencatat 490 juta pengguna di seluruh dunia, atau meningkat dari data awal April 2014 sebanyak 400 juta user. Sementara di Indonesia, total pengguna LINE hingga saat ini mencapai 30 juta user.
Dikatakan Galuh Chandrakirana, Team Leader Marketing LINE Indonesia, sebagai mobile apps, LINE selalu mengutamakan inovasi servis untuk penggunanya, baik lewat fitur Sticker, Games, ataupun Official Account. Oleh karena itu, ia optimis hingga akhir 2014 ini pengguna LINE akan mencapai 500 juta user.
“Pertumbuhan pengguna LINE tentu didukung dengan upaya kami yang senantiasa menghadirkan inovasi yang localize dan mengikuti tren di setiap negara, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, kami yakin bisa mencapai target 500 juta user di akhir tahun ini,” ujarnya kepada MIX Marcomm.
Terkait pendapatan, Galuh mengungkapkan bahwa pendapatan LINE selama ini berasal dari tiga fitur favorit user. Antara lain 60% dari LINE Games, 20% dari LINE Sticker, dan 20% dari Official Account. Melihat peluang yang besar di Indonesia, setelah bekerja sama dengan Dagadu, brand oleh-oleh asal Jogjakarta, LINE juga akan kembali berkolaborasi dengan brand-brand yang iconic dan yang bersifat localize di Indonesia.
Menurutya, karakter user di setiap negara sudah pasti berbeda. Untuk itu LINE berusaha menjangkau user dengan menghadirkan inovasi yang sesuai dengan tren dan insight di setiap negara. Misalnya saat musim Piala Dunia, kami hadirkan game dan sticker tentang Piala Dunia. Lalu saat momen Lebaran, kami juga hadirkan Ramadha Campaign lewat sticker bertema Lebaran yang khas di Indonesia. Termasuk tren selfie hijab juga kami hadirkan lewat sticker hijab,” jelasnya.
Di Indonesia sendiri, LINE juga sudah beberapa kali bekerja sama dengan organisasi-organisasi nirlaba dalam bentuk bantuan donasi. Pada kampanye Ramadhan tahun ini, LINE juga kembali menggelar program donasi untuk Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), yaitu melalui sticker edisi Ramadhan. Untuk setiap sticker Ramadhan yang dikirimkan send as gift melalui program LINE Bagi Berkah sama saja dengan mendonasikan Rp 500 untuk YKAKI.
“Selama masa kampanye pada 27 Juni 2014 – 8 Agustus 2014, kami pun berhasil mengumpulkan Rp 1.376.575.500 dari lebih dari 700 ribu pengguna LINE yang berpartisipasi. Dalam program LINE Bagi Berkah kami juga bekerja sama dengan para Sahabat LINE yaitu Afgan, Andien, dan Giring lewat single lagu untuk menyukseskan kampanye ini,” pungkas Galuh.
MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…
MIX.co.id - Smartfren melalui gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia meraih penghargaan kategori perak dalam ajang…
MIX.co.id - Berhasil mencetak kinerja positif sepanjang kuartal pertama (Q1) 2024, Vietjet mematok pertumbuhan tinggi…
MIX.co.id - PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-10 kembali digelar di tahun ini. Dalam rangkaian kegiatan…
MIX.co.id - Wings Group melalui merek Kecap Sedaap, kembali menggelar "Pesta Kuliner Sedaap" Gelaran Pesta…
MIX.co.id - Dalam rangkaian kampanye "Better Life for All”, LG Electronics Indonesia mendistribusikan 3.000 paket…