7 Brand Ini Sukses Melakukan Brand Cameo di "The World of Married Couple"

Ada banyak kanal komunikasi yang dapat dipilih pemasar dalam mem-branding produk mereka. Salah satunya, memanfaatkan film maupun drama serial melalui strategi brand cameo. Melalui strategi itu, pemasar dapat melakukan product placement di dalam jalan cerita sebuah film maupun drama serial.

Sejatinya, strategi ini tentu saja menjadi langkah win-win solution bagi pemilik merek yang membutuhkan kanal komunikasi yang efektif untuk branding dengan rumah produksi yang membutuhkan biaya besar dalam memproduksi sebuah film maupun drama serial.

Sayangnya, tak sedikit brand cameo dikemas sangat hard sell atau berlebihan sehingga mengundang kritik dari penonton karena mereka merasa terganggu. Termasuk, memunculkan kesan "dipaksakan" untuk memasukkan brand ke dalam jalan cerita sebuah film maupun drama serial. Oleh karena itu, penting bagi pengelola merek dan produser film atau drama serial untuk kreatif dalam mengemas sebuah brand cameo.

Drama Korea (Drakor) "The World of Married Couple" yang baru selesai masa tayangnya di stasiun televisi Korea, JTBC, pada pertengahan Mei lalu, merupakan contoh drama serial yang mampu menghadirkan brand cameo secara halus dan terkesan alami.

Drakor 16 episode yang Diperankan oleh Kim Hee-Ae dan Park Hae-Joon ini tercatat berhasil mencetak rekor dengan rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Korea, dengan rating 28,37% pada episode terakhirnya (berdasarkan data dari Nielsen Korea). Bahkan, memasuki episode kedua, drakor yang diadaptasi dari serial TV Inggris berjudul "DoctorFoster" ini mampu meraih rating double digit (11,023%). Rating ini terus melonjak hingga tembus lebih 20% di setiap episodenya. Terbukti, sejak episode enam hingga akhir, rating drakor ini selalu tembus lebih dari 20%, yakni 21,39% untuk episode enam hingga 28,37% untuk episode terakhir.

Drakor "The World of Married Couple" ternyata juga diminati stasiun televisi lain di luar Korea. Salah satunya di stasiun televisi di Indonesia, dimana Trans TV tengah menayangkan drakor yang bercerita tentang perselingkuhan ini. Bahkan, di platform layanan streaming yang menayangkan aneka drakor, Viu, "The World of Married Couple" masuk kategori "Paling Banyak Dicari Minggu Ini".

Istimewanya, tak hanya penonton dan stasiun TV di luar Korea yang "terhipnotis", sederet brand juga terhitung antusias dan tak ingin melewatkan demam "The World of Married Couple". Para pemilik merek memutuskan menjadikan drakor ini sebagai kanal brand cameo untuk produk mereka.

Mengutip laman www.koreaboo.com, "The World of The Married Couple" sukses memadukan penempatan produk yang disponsori tepat ke dalam cerita. Bahkan, penonton memuji tim produksi untuk membuat iklan tampak alami dan halus.

Berikut ini adalah tujuh brand yang mampu tampil apik dan alami dalam drakor "The World of Married Couple", sepeti yang dikutip dari www koreaboo.com.

#1 Siero Cosmetic Pada episode awal "The World of Married Couple" , sebuah lip balm jatuh dari saku mantel aktor Park Hae Joon yang memerankan Tae Oh, suami dokter Ji Sun Woo yang diperankan artis Kim Hee Ae. Lip Balm itulah yang menjadi awal kecurigaan Ji Sun Woo akan perselingkuhan Tae Oh. Lip Balm itu adalah produk keluaran Siero Cosmetic.

#2 Chateau Maison Blanche Sepanjang drama "The World of Married Couple", banyak tokoh hadir dalam adegan minum wine atau anggur. Penonton pun tidak berpikir untuk mempertanyakan momen-momen itu, karena beberapa peminum anggur sepertinya cocok meminum anggur setiap saat. Namun, anggur ini sebenarnya adalah penempatan produk atau brand cameo yang dimanfaatkan para pemilik merek. Chateau Maison Blanche adalah merek anggur yang tampil apik pada drakor tersebut. Bahkan, sejak itu, Chateau Maison Blanche dijuluki "Kim Hee Ae Wine" dan terjual habis di banyak kilang anggur di sekitar Korea.

#3 Tiffany & Co. Pada episode terakhir, Kim Hee Ae memukau para penonton yang mengenakan kalung cantik. Faktanya, tidak hanya dalam adegan khusus ini, tetapi sepanjang episode, Kim Hee Ae terus-menerus digambarkan mengenakan perhiasan. Menimbang bahwa karakternya adalah seorang dokter yang kaya, aksesoris mewah ini terkesan tidak terlihat berlebihan atau tidak pada tempatnya. Baru, setelah akhir episode, terungkap bahwa Tiffany & Co. telah mensponsori kalung $ 150 ribu itu.

#4 HEADSPA7 HEADSPA 7 adalah salah satu penempatan produk yang paling tidak dapat diprediksi di "The World of Married Couple". Pada adegan dramatis, tepat setelah Kim Hee Ae dan Park Hae Joon bersatu kembali dengan penuh semangat, penonton sebenarnya terpapar merek perawatan rambut HEADSPA7 (meski kemunculannya sebentar).

#5 Waralaba Tteokbokki Pada salah satu episode "The World of Married Couple", ada adegan antara aktor Kim Young Min dan aktris Park Sun Young (tetangga sekaligus teman pasangan Tae Oh dan Ji Sun Woo) tampak seperti mukbang makan malam tteokbokki. Waralaba Mafia Tteokbokki, yang dikenal dengan "tteokbokki paling hemat di Korea" adalah sponsor dari drakor ini.

#6 Nespresso Vertuo Di hampir setiap adegan waktu sarapan, Kim Hee Ae dan Park Hae Joon minum kopi, yang mereka buat dari mesin kopi yang ditempatkan di dapur. Penempatan produk mesin kopi ini telah dilakukan secara halus dan alami oleh merek mesin kopi Nespresso Vertuo. Dengan demikian, brand cameo ini menjadi contoh sempurna bagaimana melakukan pemasaran tersemat tanpa membuat frustrasi para penonton.

#7 Emons Furniture Pada salah satu adegan, Ji Sun Woo dan Tae Oh menjadikan sofa sebagai ranjang tidur mereka. Adegan ini tercatat mengejutkan dan membuat para penonton berteriak berhari-hari, lantaran keduanya telah resmi bercerai dan Tae Oh masih dalam dalam status menikah dengan Da Kyung, wanita selingkuhannya. Sebenarnya, adegan itu juga termasuk penempatan produk yang halus dan apik dalam sebuah drama seri. Sofa itu adalah Emons Furniture. Dan, setelah "The World of Married Couple", Emons Furniture mengalami lonjakan permintaan model Luciano dari koleksi sofa mereka. Dalam sebuah wawancara, perwakilan Emons berkomentar, "Orang-orang meminta sofa Kim Hee Ae."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)