10 Iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia

Hari ini Google Indonesia mengumumkan daftar iklan terpopuler pilihan pemirsa di YouTube.co.id selama enam bulan pertama di tahun 2015. Daftar ini menampilkan berbagai brand mana saja dengan performa terbaik di Indonesia berdasarkan popularitas (organic views) dan promosi (paid views).
Google Indonesia

Salah satu iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia: Traveloka Bungee Jump.

Dari 10 iklan terpopuler, terdapat tiga jenis video yang menonjolkan ciri khas tertentu. Pertama, lebih dari 30 detik. Serupa di tahun 2014, kebanyakan dari banyak video ini adalah “Made in Indonesia”. Tema “kekeluargaan” dan “persahabatan” tetap menjadi tema yang terus menyentuh emosi dan perasaan penonton Indonesia, seperti iklan Pond’s dan BRI Syariah. Kedua iklan tersebut memiliki beberapa kesamaan yakni dalam bentuk penyampaian narasi panjang atau storytelling. Meskipun kedua video tersebut berdurasi panjang, lebih dari delapan menit, namun iklan tersebut justru melibatkan interaksi cukup tinggi dari para penonton di YouTube. “Contoh dari kedua video ini cukup menunjukkan bahwa ketika brand bercerita, narasi yang cukup emosional dan menghibur mampu menginspirasi serta menyentuh hati dan pikiran kita,” jelas Veronica Utami, Head of Marketing di Google Indonesia. Kedua, kolaborasi dan kekuatan berbagi. Selebriti dapat berperan meningkatkan kesadaran sebuah produk atau pesan. Tetapi bagi sebuah brand terkadang hal ini tidak masuk dalam jangkauannya. Pendekatan lain adalah dengan menggandeng talenta kreator YouTube lokal yang memiliki ribuan penggemar setia yang berlangganan serta melek digital, agar mereka dapat menyalurkan kreasinya. “Menampilkan selebriti lokal terkenal seperti Raisa dan Bunga Citra Lestari jelas menarik para penggemar setia mereka. Namun, kolaborasi bersama bintang YouTube seperti Edho Zell justru lebih efektif karena menunjukkan kreativitas para kreator muda dan mereka juga memiliki banyak follower setia,” Utami menambahkan. Menentukan dan mengidentifikasi target pasar yang tepat, seperti sebuah kelompok penggemar, ternyata cukup efektif bagi pemain lokal, seperti yang terjadi pada Traveloka. Terbukti, brand ini masuk dalam daftar Top 10 untuk pertama kalinya, karena keberhasilannya menargetkan kelompok khusus dengan memahami dengan baik selera mereka. Ketiga, iklan yang tampil tidak seperti iklan. Beberapa video yang masuk dalam daftar iklan terpopuler selama awal pertama tahun ini, umumnya adalah film pendek atau yang kontennya sudah populer lebih dulu di YouTube. “Kami sudah menyebutkan dua contoh iklan di genre ini, yakni Pond’s dan BRI Syariah. Kini, hadirnya iklan Samsung juga bersifat sama - video ini tampil layaknya genre sebuah gameplay. Bahkan video terpendek dari genre ini, seperti iklan Traveloka berdurasi 30 detik, fokus pada momen dramatis dan visual seperti dalam aktivitas bungee jumping,” kata Utami. Menurutnya, mayoritas para pemilik brand menyadari bahwa mereka yang mendatangi situs YouTube justru tidak mencari iklan, tetapi apabila iklan mampu menghibur, maka iklan justru akan mendapatkan viewers dengan sendirinya. “Pemahaman tren budaya pop dan perkembangan terkini juga dapat membantu brand jadi bagian dari pembicaraan masyarakat,” pungkas Utami. Berikut Top 10 Iklan Terpopuler Versi YouTube Indonesia:
  1. Cahaya Cantik Raisa (POND'S)
  2. Clash of Clans (Revenge) feat. Angry Liam Neeson (Clash of Clans)
  3. #AdaAQUA – Tes Konsentrasi dan Fokusmu (Danone Indonesia)
  4. LINE Let's Get Rich feat BCL & Ashraf (LINE Indonesia)
  5. Marvel's Avengers – Age of Ultron and Samsung Mobile present 'Assemble' (Samsung)
  6. #aksimandiriku | Jualan Batu Akik (Mandiri)
  7. Dior – Secret Garden IV feat. Rihanna (Dior)
  8. #ringbersama : My Sun, My Son * (BRI Syariah)
  9. Traveloka Bungee Jump (Traveloka)
  10. Royco: Janji Ramadhan Trailer (Royco)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)