Flock dan Sosro Rilis Social Media Campaign #AsliIndonesia

Momentum Hari Kemerdekaan kerapkali dimanfaatkan para pengelola merek untuk menggelar kampanye merek mereka. Tanpa terkecuali, merek minuman siap saji, Sosro. Pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 ini, Sosro kampanye iklan video bertajuk #AsliIndonesia. Kampanye tersebut menceritakan tentang Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam bahasa, agama, dan etnis. Dengan jumlah populasi lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia memiliki lebih dari 300 macam dialek yang tersebar di seantero kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kampanye berdurasi 60 detik yang ditayangkan di social media Youtube pada pertengahan Agustus 2017 tersebut sanggup membetot perhatian lebih dari 200.000 penonton hanya dalam waktu kurang dari 48 jam. Angka yang tidak kecil di era maraknya pengelola merek melakukan kampanye di social media.

Adalah Flock merupakan agensi kreatif hybrid yang dipercaya membesut kampanye iklan Sosro tersebut. Flock juga dikenal sebagai agensi dengan pelayanan full-service yang fokus pada pembuatan konten dan storytelling kreatif.

Dijelaskan Ronny Jatnika, Marketing Leader di Tehbotol Sosro, “Kami melakukan kampanye ini untuk Tehbotol Sosro. Video tersebut berbicara mengenai isu-isu sosial di Indonesia yang umumnya terkait politik, ras, dan agama. Aspek-aspek tersebut kerapkali membuat masyarakat Indonesia menjadi merasa berbeda satu sama lain. Untuk itulah, kami berpikir bahwa alangkah baiknya jika kita dapat mendiskusikan bagaimana kita bisa memperkuat rasa persatuan sebagai satu bangsa di Hari Kemerdekaan ini lewat kampanye iklan Sosro."

Kampanye #AsliIndonesia tak hanya direspon positif oleh para penonton YouTube, namun juga mendulang komentar-komentar positif. Antara lain, komentar yang berpendapat bahwa video tersebut menggugah semangat kemerdekaan dan berbeda dari iklan lokal lainnya.

Diakui Ronny, melalui kampanye itu, Flock dan Tehbotol Sosro juga berhasil meningkatkan semangat nasionalisme penontonnya. Menyampaikan pesan kuat yang bermakna secara efektif melalui sebuah video singkat, sejatinya bukanlah hal yang mudah. Namun, Flock telah sukses mewujudkan hal tersebut. Penonton pun bahkan terpicu untuk memastikan bahwa mereka akan menginternalisasi pesan yang disampaikan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)