Ini 10 Iklan Terpopular di Youtube Sepanjang Semester I 2017

Google kembali merilis 10 iklan terpopular di Youtube Indonesia pada sepanjang satu semester 2017. Kesepuluh iklan terpopular tersebut tercatat paling menarik perhatian pemirsa Indonesia sejak Januari hingga Juni 2017.

YouTube

Kesepuluh iklan terpopular  tersebut secara berturut-turut adalah Unilever dengan judul “1001 Insipirasi Ramadhan”, Tokopedia dengan “Semua yang Kamu Butuhkan Dimulai dari Aplikasi Tokopedia”, Smartfren dengan judul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar”, Samsung Indonesia dengan judul “Samsung Galaxy A (2017)”, myXL dengan judul “Upgrade SIM Card XL 4G LTE”, JD.ID dengan judul “Jadi Terbaik Itu Pilihan Terbaik”, Tropicana Slim dengan judul “Teaser Webseries SORE”, Blibli.com dengan judul “My Big Wish: Gratis Keliling Indonesia”, Blue Band dengan judul “Resep No Oven-Kastengel”, dan Kitkat dengan judul “KITKAT #miniBREAK Pendekar Golok Emas”.

Dijelaskan Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, merek-merek dalam daftar tersebut berhasil merebut perhatian audience Indonesia. “Daftar iklan terpopular ini menampilkan kreativitas sekaligus kemampuan bercerita orang Indonesia. Termasuk, menunjukkan bahwa merek-merke tersebut mampu memahami kekuatan video digital untuk menyampaikan pesannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada tiga tren yang perlu diperhatikan pemasar dalam merancang konten video di Youtube. Pertama, menyajikan cerita yang emosional. Pengiklan sudah tahu bahwa apa yang membuat sebuah cerita mudah diingat adalah emosi. Tanpa emosi, audiens tidak akan peduli. Kesamaan iklan-iklan dalam daftar 10 terpopular itu semuanya memicu emosi penonton, baik nostalgia dalam iklan web berseri Tropicana Slim, pemandangan indah yang mengagumkan di iklan Blibli.com, atau keseruan aksi kung fu di iklan KitKat.

Kedua, panjang atau pendek konten tidak masalah. Sebab, keunggulan video online adalah sifatnya yang fleksibel. Merek tidak dibatasi oleh durasi atau format iklan dan bebas berkreasi untuk membuat video dengan durasi yang sesuai untuk menyampaikan pesannya. Mulai dari iklan Smartfren sepanjang hampir 5 menit sampai iklan Tokopedia yang hanya 30 detik, YouTube dapat mengakomodasi semua gaya bercerita.

Ketiga, konten harus mendidik sekaligus menghibur. ​ Orang menonton YouTube untuk berbagai alasan. Salah satunya tentu untuk hiburan, tapi sering juga untuk mempelajari sesuatu. Video resep kastengel Blue Band dan video myXL menunjukkan bahwa iklan informatif bisa sama popularnya dengan iklan yang lucu atau menyentuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)