Branding CRP Group Melalui Design Interior

Suasana gerai dari sebuah branddinilai dapat merangsang panca indera konsumen dan memengaruhi persepsinya terhadap brandtersebut. Tak heran, jika saat ini, para penggiat bisnis khususnya di bidang resto & cafe berupaya untuk menawarkan atmosfer tempat yang nyaman melalui beragam desain interior yang unik.

Dikatakan Decoration Manager CRP Group Rusivia Hanafie, konsep tata ruang di outlet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi customerjourney. “Selain tempat yang nyaman, interior outletjuga sebaiknya memiliki konsep dekorasi yang sesuai dengan target market. Hal tersebut akan membentuk customer experience yang asyik bagi setiap konsumen,” jelasnya.

Lantas, bagaimana membangun konsep interior bagi sebuah brand? Baru-baru ini, di acara Sedekah Ilmu Bisnis ke-43, Rusivia memaparkan mengenai konsep “BrandingThroughInterior Decor”. Dipandu MC, Sedekah Ilmu Bisnis diawali dengan penjelasan mengenai pengertian desain interior di outlet.

Menurut wanita yang biasa disapa Sisi itu, interior di outletmerupakan salah satu sarana untuk menyampaikan pesan suatu brandyang diatur dengan menarik, sehingga tampilan outletmenjadi lebih eyecatching dan ‘instagramable’.

Ia mencontohkan mengenai desain interiorBakso Boedjangan yang terinspirasi dari rancangan rumah-rumah zaman dahulu. Antara lain, adanya jendela yang memiliki kisi-kisi (jalusi) serta menggunakan rak dinding ambalan.

Rancangan di area makan Bakso Boedjangan tersebut diadaptasi dari sejarah makanan bakso yang telah menjadi makanan kesukaan orang Indonesia sejak lama.

Selain itu, Ia bersama tim-nya bekerja sama dengan beberapa ilustrator Bandung untuk lebih menampilkan suasana kedai bakso tradisional melalui aneka gambar aktivitas ritual ngebakso pada dinding outlet.

Ditambahkan Sisi, desain interior sebuah gerai juga harus disesuaikan dengan marketyang dituju. “Karena desain interior tidak melulu tentang apa yang ingin kita sampaikan, tetapi juga mengenai apa yang konsumen inginkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengikuti perkembangan trendyang disesuaikan dengan identitas dari sebuah brand,” lanjutnya.

Materi selanjutnya yang dibahas adalah dekorasi outletdari brandFish Wow Cheeseee. Restoran ini termasuk dalam kategori restoran keluarga yang banyak dikunjungi oleh anak-anak, sehingga memiliki konsep yang colourful.

Kami mengkonsep gambar-gambar animasi mengenai kehidupan bawah laut dari Mr. Whale (ikon FWC) dengan warna-warna terang, seperti biru dan kuning,” ungkap Sisi kepada kurang lebih 20 peserta yang hadir.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)