Branding merupakan salah satu faktor terbesar yang berkontribusi terhadap kesuksesan brand. Betapa tidak, kebanyakan konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih brand yang familiar atau diasosiasikan dengan kualitas yang baik. Branding penting dilakukan untuk semua brand, termasuk juga brand farmasi atau klinik kesehatan. Lalu bagaimanakah strategi branding yang baik untuk brand obat-obatan?Simak lima tips yang dikemukakan oleh Julie Henry sebagaimana dilansir oleh situs http://www.healthcaredive.com berikut ini:
Branding perlu dilakukan pula oleh brand farmasi maupun klinik kesehatan
1. Identifikasi keunggulan brand Anda
Langkah paling awal untuk melakukan branding ialah dengan mengidentifikasikan sifat atau keunggulan dari brand obat maupun klinik Anda dibandingkan kompetitor. Keunggulan tersebut bisa saja berupa pengalaman perusahaan Anda di industri farmasi, teknologi yang digunakan, atau pelayanan yang berbeda dari apa yang ditawarkan oleh kompetitor Anda. Namun perlu dicatat, Anda harus jujur dalam mengungkapkan keunggulan brand Anda agar para konsumen tidak kecewa.
2. Fokus pada experience pasien
Seperti apapun strategi branding yang diterapkan oleh perusahaan atau klinik kesehatan, pada akhirnya hal tersebut dapat dievaluasi melalui experience pasien. Menginvestasikan waktu dan tenaga untuk menjamin bahwa konsumen mendapatkan experience yang baik tentu akan berdampak positif bagi brand.
3. Melibatkan karyawan
Menurut Lin Grensing-Pophal dalam artikelnya yang dimuat di Medical Economics, "Ketika identitas brand yang diinginkan telah terbentuk, para dokter, suster, paramedis, dan karyawan harus mampu mewujudkan identitas tersebut dalam praktik kerja mereka. Para karyawan harus paham betul bahwa baik mereka yang berinteraksi langsung maupun tidak langsung pasien atau keluarga pasien memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan identitas brand."
4. Konsisten
Kanaan mengungkapkan bahwa ketika brand mampu menjaga konsistensinya, maka tingkat brand awareness akan meningkat pesat dan menetap untuk waktu yang relatif lebih lama. "Mulai dari website, brosur, hingga apapun yang Anda hasilkan di dalam komunitas, pastikan bahwa Anda mempertahankan pesan dan gambar yang konsisten untuk dapat menciptakan dampak hebat."
5. Tampilkanlah brand Anda
Anda perlu untuk menampilkan brand kepada masyarakat, baik itu melalui website, kartu bisnis, maupun media lainnya. Terlepas dari apapun strategi yang Anda pilih untuk menampilkan brand Anda kepada konsumen, pastikan bahwa Anda mampu membagi pesan tersebut melalui kata-kata, sikap dan perilaku. Karena tidak peduli apapun yang Anda tunjukkan secara eksternal, wujud asli dari brand Anda adalah apa yang tertanam secara internal.