Buka Dana Orientasinya Open Platform

Buka Dana

Akhir September 2018 lalu, Bukalapak menjalin kolaborasi dengan perusahaan fintech yang sama-sama di bawah naungan grup EMTEK, Dana Indonesia, meluncurkan platform e-money Buka Dana sebagai metode pembayaran baru untuk bertransaksi di marketplace Bukalapak. Selain bisa digunakan untuk pembayaran transaksi, fitur Buka Dana berfungsi sebagai alternatif menampung dana sementara dari transaksi yang dibatalkan (refund).

“Peluncuran Buka Dana dilatari oleh perilaku konsumen saat ini yang sudah serba digital dan ingin praktis serta efisien, termasuk dalam berbelanja. Buka Dana menjadi solusi untuk pembayaran yang seamless—dapat digunakan kapan dan di mana saja, dan tak terbatas hanya pada satu platform. Dan target market Buka Dana adalah seluruh pengguna Bukalapak,” ujar Evi Andarini, Corporate Communication Manager Bukalapak kepada Majalah MIX.

Sebelumnya meluncurkan Buka Dana, Bukalapak sebenarnya sudah memiliki platform e-money serupa yaitu BukaDompet. Namun fungsi BukaDompet sampai saat ini masih dibekukan oleh Bank Indonesia terkait proses perizinan. Kemunculan fitur Buka Dana di Bukalapak memungkinkan konsumen melakukan kontrol terhadap akun Dana mereka.

Bagi Bukalapak, kehadiran fitur e-money Buka Dana ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja secara online. Untuk konsumen di kota besar mungkin sudah tahu tentang e-money, namun tidak semuanya terbiasa bertransaksi melalui e-money. Untuk itu, Bukalapak juga konsisten mengedukasi konsumen, terutama pelanggan Bukalapak soal kemudahan dan keamanan bertransaksi dengan Buka Dana.

“Sebagai fitur yang baru berjalan sekitar empat bulan, pengguna Bukalapak yang menggunakan Buka Dana terus meningkat. Untuk itu, kami terus mengedukasi pengguna Bukalapak terkait fitur Buka Dana, melalui Komunitas Bukalapak,” kata Evi. Buka Dana saat ini dapat melayani pembayaran untuk barang fisik milik Pelapak, program pembelian prioritas, pembelian pulsa prabayar/pascabayar, pembelian paket data, pembayaran tagihan listrik prabayar/pascabayar, pembayaran tagihan PDAM, pembayaran tagihan BPJS Kesehatan, pembelian tiket pesawat & bus, serta untuk pembayaran melalui kode QR.

Buka Dana merupakan dompet digital open platform. Artinya, saldo Buka Dana tidak terkunci untuk platform Bukalapak saja, tetapi bisa digunakan di aplikasi/platform lain yang juga bekerja sama dengan Buka Dana. Untuk mendorong jumlah pengguna Buka Dana, Bukalapak juga menggelar beragam gimmick dan program promo. Ditanya tentang posisi jumlah pengguna Buka Dana sampai saat ini, Evi tidak berkenan menyebutkannya.

Terkait pasar e-money, Evi menuturkan bahwa dilihat dari jumlah pemain dan volume transaksi, pertumbuhan platform e-money di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan kini, e-money menjadi salah satu alternatif pembayaran yang sangat potensial untuk menggenjot peningkatan inklusi keuangan.

“Potensi pertumbuhan pengguna e-money masih sangat luas. Ditambah kebutuhan masyarakat saat ini yang ingin serba praktis dan berkembangnya cashless society, sehingga e-money menjadi sebuah pilihan yang sangat penting dalam bertransaksi. Transaksi yang dilakukan dengan e-money juga terus berkembang, tidak hanya untuk F&B atau produk fesyen, tetapi juga sampai ke pembayaran tagihan pribadi,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)