Co-Branding Grab dan Kemenparekraf Pulihkan Sektor Pariwisata Akibat Pandemi

Grab Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) melakukan co-branding demi mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Ekonomi Kreatif (Ekraf) Indonesia akibat krisis Covid-19. Co-branding dibuktikan dengan penandantanganan nota kesepahaman pada Mei ini.

Co-branding ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya pada tahun 2018, untuk mendukung pariwisata Indonesia. Antara lain, dengan menghadirkan layanan Grab Toba demi mendukung sektor pariwisata Danau Toba dan sekitarnya.

Melalui co-branding kali ini, keduanya telah mulai memetakan inisiatif dan program jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM Ekraf paska pandemi atau dimulainya periode ‘New Normal’.

Grab juga akan mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang merupakan program percontohan dari kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM Ekraf di tengah pandemi.

Dukungan yang diberikan termasuk Pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart; Skema kerja sama yang dikustomisasi untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart; Notifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna; serta Dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.

Diungkapkan Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, “Dalam masa pandemi ini, peran digitalisasi makin terakselerasi dan menjadi begitu penting. Pemerintah telah meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia. #BeliKreatifLokal menjadi salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar mitra yang terdampak Covid-19 dapat bangkit sehingga bisa menyokong perekonomian Bangsa. Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia ini, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf.”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, menambahkan, “Kerja sama ini sejalan dengan misi GrabForGood, dimana kami senantiasa menciptakan inovasi dari teknologi untuk dapat memberi dampak positif. Selama masa pandemi, kami terus memperkuat layanan kami untuk dapat mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merangkul lebih banyak mitra pelaku ekraf sehingga mereka bisa bangkit dan terus maju di tengah situasi ini.”

Sejatinya, co-branding Grab dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diwujudkan melalui beberapa program yang mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, antara lain melalui aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di Asia Tenggara. Termasuk, melalui layanan-layanan yang dimiliki oleh Grab seperti layanan transportasi online GrabCar Airport, GrabCar, dan GrabBike; layanan pesan antar makanan oleh GrabFood; serta layanan lainnya yang dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)