Penggunaan tablet yang tadinya untuk kebutuhan personal dan pekerjaan, belakangan ini telah mengalami pergeseran. Hal itu ditandai dengan hasil riset internal yang telah dilakukan Samsung Indonesia bersama Nielsen di tahun ini terhadap para pembeli tablet di Indonesia. Hasil riset menunjukkan bahwa penggunaan tablet rupanya lebih banyak dimanfaatkan oleh keluarga, termasuk anak-anak usia dua hingga enam tahun.
Luncurkan Samsung Galaxy Tab 4 yang menyasar segmen keluarga, Samsung akan melakukan upaya edukasi seputar pentingnya gadget yang aman untuk anak dan keluarga, salah satunya dengan menghadirkan fitur Kids Mode.
Menariknya, 29 persen orangtua membeli tablet untuk kebutuhan anak-anak mereka. Hal itu lantaran ada empat manfaat yang dapat diperoleh orangtua dari tablet, yakni tablet bisa menjadi "pengasuh" ketika orangtua sedang sibuk, tablet bisa menjadi sumber informasi, tablet juga bisa membantu anak mengerjakan tugas sekolah, dan tablet mampu menenangkan anak yang rewel ketika macet di jalan.
Melihat pergeseran habit tersebut, PT Samsung Electronics Indonesia pun meluncurkan seri tablet terbarunya, Samsung GALAXY Tab 4, pada awal Juni ini (5/6). Seri teranyar itu menawarkan fitur yang mampu menjawab pergeseran habit yang terjadi pada konsumen tablet di Indonesia, yakni lewat fitur Kids Mode, yang di dalamnya ada fungsi Parental control, Kids UX, dan Kids Native Applications.
"Fungsi Kids Mode memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi pemakaian gadget untuk belajar dan bermain sesuai dengan usianya. Dengan begitu, orangtua tidak perlu lagi khawatir anak mereka akan dapat mengakses berbagai informasi, aplikasi, atau pun hal lain yang memang tidak ditujukan untuk usia mereka. Fitur Kids Mode membuat menjadikan tablet sebagai gadget yang aman untuk anak-anak," jelas Selvia Gofar, Product Marketing Senior Manager IT & Mobile Division PT Samsung Electronics Indonesia.
Menyasar market keluarga, Samsung GALAXY Tab 4 langsung diluncurkan dalam tiga varian sekaligus, yakni Tab 4 dengan layar 7 inchi, 8 inchi, dan 10 inchi. "Tab 4 yang 7 inchi sudah ada di pasar sejak minggu lalu dan dipasarkan dengan harga Rp 3,5 juta. Sementara itu, untuk Tab 4 varian 8 inchi seharga Rp 4 juta dan Tab 4 berukuran 10 inchi seharga Rp 4,9 juta yang akan dipasarkan mulai minggu depan," ungkap Selvia.
Demi mensukseskan produk barunya sekaligus mempertahankan posisinya sebagai market leader di kategori tablet, Samsung siap melancarkan strategi marketing dan komunikasi terintegrasi. Ditambahkan Selvia, sebagai langkah awal, Samsung akan melakukan upaya edukasi seputar pentingnya gadget yang aman untuk anak dan keluarga melalui fitur Kids Mode.
"Edukasi akan dilakukan dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dan komunitas ibu-ibu, yang notabene sebagai pemegang tablet untuk keluarga. Ke depan, kami akan keliling ke berbagai daerah untuk memperkenalkan sekaligus mengedukasi fitur Kids Mode ke komunitad ibu-ibu, termasuk lewat digital program," terangnya.