Kisruh iklan Indosat “Liburan ke Aussie Lebih Mudah Dibanding ke Bekasi” yang dimanfaatkan XL lewat kampanye “Kawasan Internet Cepat XL #LoveBekasi” rupanya mendulang komentar positif dari warga Bekasi. Sejak diluncurkan pada 13 Januari lalu, tak sedikit netizen Bekasi yang berkicau positif di akun twitter mereka tentang kampanye XL #LoveBekasi.
Tengok saja akun twitter @tikabanget yang membalas kicauan kawannya, “Wah gerak cepat! :)) RT @nonadita Nice move, XL! Kudos to #LoveBekasi :))
Kicauan serupa juga dilakukan oleh akun @djatnikaasb. Ia berkicau, “XL bermata jeli krn mengeluarkan program yg melawan Indosat Iklan 'Liburan ke Aussie Lebih Mudah Dibanding ke Bekasi'.”
Akun @muafanabadi, justru menilai XL telah melakukan strategi marketing yang cerdas dalam memanfaatkan blunder iklan Indosat. “Strategi marketing yang cerdas dari XL. Setelah Indosat blunder dgn iklan bekasi, XL bikin iklan #LoveBekasi,” ungkap akun @muafanabadi.
Komentar positif tentang kampanye #LoveBekasi dari XL dalam merespon kisruh iklan Indosat cukup dimaklumi. Menurut Janoe Arijanto, CEO Dentsu Strat, pada landscape media yang cair dan spontan seperti sekarang ini, langkah XL adalah langkah taktis yang sangat simpatik. “Bisa jadi, respon cepat XL ini akan membekas dalam waktu yang lama, karena XL masuk di zona emosional yang laten,” ia memprediksi.
Diungkapkan Janoe, saat ini pasar bergerak dalam hitungan detik. Dengan dinamika yang semakin kompleks, menurutnya, marketer dituntut untuk merespon pasar secara spontan. “Saya melihat, XL punya radar sosial yang sensitif dan mencoba merespon kasus sebuah komunitas dengan elegan,” tuturnya.
Sejatinya, ditegaskan Janoe, memenangkan persaingan komersial adalah memenangkan simpati sosial. Itu artinya, publik tidak hanya menggunakan logika transaksi, tetapi juga logika relationship, yang mengukur sejauh mana sebuah brand bisa berhungungan secara baik dengan publik.
Lantas, apakah langkah cantik XL mampu memberikan peluang bagi XL untuk melakukan akuisisi pelanggan Indosat? Dijawab Janoe, “Setidaknya reputasi brand XL akan semakin baik melalui kampanye #LoveBekasi. Hal itu menjadi entry point untuk melakukan langkah-langkah lain yang produktif. Termasuk, memancing perpindahan emosional dari pemakai produk pesaing.”***