MIX.co.id - Paul J. Zak dalam artikelnya di Harvard Business Review, 2014, pernah menulis bahwa cerita mampu mengubah sikap, kepercayaan, dan perilaku seseorang. Tak heran, di tengah derasnya arus informasi digital, membangun narasi komunikasi dengan melibatkan pelanggan menjadi strategi story telling marketing yang banyak dipilih para pemasar.
Tanpa terkecuali Garda Oto, produk asuransi dari Asuransi Astra, yang memanfaatkan story telling untuk kampanye digital "Then and Now, #AlwaysGardaOto". Dirilis pada 28 Mei 2025, kampanye berdurasi empat menit itu telah tayang di akun Youtube Asuransi Astra dan telah mencapai lebih dari seribu views.
Kampanye yang juga ditayangkan di akun Instagram @garda.oto itu pun mendapat sambutan positif dari warganet. Akun @idsindriaswari2185 menilai kampanye digital "Then and Now, #AlwaysGardaOto" sebagai iklan yang dikemas secara inspiratif dan mengharukan.
Hal senada juga diakui pemilik akun @Flo_ppucino. "Terharu jadi inget diajarin mobil sama papa dengan sabar. Mau nangis waktu nonton dokumenter ini. Keren banget produksi videonya!" ia berkomentar.
Narasi kampanye digital "Then and Now, #AlwaysGardaOto" dibangun dari kisah Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, salah seorang di antara jutaan pelanggan Garda Oto. Dikisahkan Prof. Ujang mempercayakan sang putra, Naufal, untuk menyetir mobil. Namun, Naufal tidak percaya diri untuk menerima kepercayaan sang ayah, karena ia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas saat berkendara pada 2018, sehingga berakibat kerusakan parah pada mobil ayahnya.
Sebagai seorang ayah yang juga pelanggan setia Garda Oto, Prof. Ujang berupaya membangun sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri Naufal. Selaras dengan filosofi "Peace of Mind" dari Garda Oto yang ingin memberikan rasa aman dan nyaman, kepercayaan diri Naufal pun kembali. Pada akhir cerita, Naufal menerima tawaran ayahnya untuk mengemudikan kendaraan menuju lokasi wisuda.
Bagi Garda Oto, suara konsumen dari pelanggan setia seperti Prof. Ujang telah memberi inspirasi untuk terus berinovasi, menghadirkan produk dan layanan yang terus berkembang agar mampu menciptakan peace of mind di setiap perjalanan.
Diungkapkan Marketing Retail & Digital Business Asuransi Astra Wisnu Kusumawardhana, kesuksesan Asuransi dalam mengembangkan Garda Oto, baik dari segi produk maupun layanan, adalah aktif mendengarkan suara pelanggan. "Suara pelanggan adalah hal yang sangat kami syukuri, karena dengan memberikan masukan, itu artinya pelanggan peduli pada kami, kepedulian ini tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi kami hingga saat ini," yakinnya.
Ya, story telling yang melibatkan pelanggan terbukti efektif menjadi senjata ampuh untuk menarik perhatian dan membangun koneksi emosional dengan audiens. Bahkan, dalam kampanye digital, kekuatan cerita mampu mengubah pesan biasa menjadi pengalaman yang bermakna. Bukan sekadar menjual produk, tetapi mengajak audiens untuk terlibat dan merasa menjadi bagian dari kisah sebuah brand.
"Suara pelanggan ini tentunya akan terus berkembang seiring...