Mem-branding Smartphone Advan Melalui Buku Fotografi

Sengitnya pertarungan di pasar smartphone, membuat para pemasar harus kreatif dalam merancang strategi marketing maupun komunikasi mereka. Advan, sebagai salah satu brand lokal yang turut bertarung di sana, pun dituntut hal serupa. Sebagai langkah strategis, Advan menggandeng Arbain Rambey untuk merilis buku “Adventure Smartphone Photography”. Dipilihnya Arbain Rambey cukup dimaklumi, mengingat ia dikenal sebagai salah satu maestro fotografi yang karya-karyanya diakui oleh publik di Tanah Air maupun mancanegara. Selain itu, ia tercatat aktif di media sosial dengan jumlah follower yang sangat besar. Di akun instagramnya, Arbain Rambey memiki 83,5 ribu pengikut. Bahkan, ia juga dikenal aktif menjadi pembicara sekaligus mentor di berbagai kegiatan fotografi. Oleh karena itu, sejak dua tahun lalu, Advan memilih salah satu kanal branding lewat buku “Adventure Smartphone Photography”. Melalui buku tersebut, Arbain memamerkan berbagai hasil jepretannya dari layar kamera smartphone Advan. “Pada Adventure Smartphone Photography 1, Arbain menggunakan Advan S5G,” cerita Brand Director Advan Andy Gusena. Hasilnya, tak dinyana, buku jilid pertama yang dibandrol dengan harga Rp 100 ribu itu direspon cukup bagus oleh pasar Indonesia. Tak kurang dari 2.000 eksemplar buku “Adventure Smartphone Photography 1” ludes terjual. Begitu juga dengan Advan S5G yang berhasil direspon positif oleh pasar. Ingin mengulang sukses serupa, giliran Advan G1 yang digunakan Arbain untuk buku jilid duanya. Ya, di buku “Advan Adventure Smartphone Photography by Arbain Rambey #2”, ia kembali menampilkan berbagai jepretan melalui layar kamera Advan G1. Pada buku tersebut keunggulan kamera yang dimiliki Advan G1 juga dipaparkan. “Advan G1 mengusung tagline 'Smart Camera with Professional Audio'. Untuk itu, Advan juga dilengkapi dengan beragam fitur fotografi yang handal. Antara lain, Advan G1 menggunakan lensa yang tergolong kategori premium dari produsen kelas dunia, Largan Precision,” terang Andy, yang menyebutkan bahwa buku kedua dibandrol dengan harga Rp 150 ribu dan siap didistribusikan di toko-toko Gramedia. Demi mengkomunikasikan buku “Advan Adventure Smartphone Photography by Arbain Rambey #2”, Advan juga melakukan pendekatan Public Relations dengan menggelar press conference. Pada kesempatan itu, Advan tak hanya mengundang media, namun juga komunitas fotografi. Menariknya, pada gathering tersebut, Arbain Rambey didaulat menjadi pembicara sekaligus mentor. Para peserta—yang terdiri dari media dan komunitas—diajak untuk menjajal langsung Advan G1 dengan memotret para model. Diakui Andy, respon pasar sejak Advan G1 diluncurkan pada Februari lalu tercatat cukup baik. “Sampai saat ini, penjualan Advan G1 sudah mencapai puluhan ribu unit. Hal ini menunjukkan bahwa Advan sudah mendapat kepercayaan dari konsumen Indonesia. Dulu, dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan, Advan agak sulit diterima pasar. Kini, dengan harga Rp 2,3 jutaan, market sudah mau ambil,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)