Dalam sepuluh tahun terakhir, lanskap selebriti sebagai brand endorser mengalami perkembangan. Jika dulu brand endorser berasal dari actor dan atlet, maka kemudian berkembang menjadi chef dan social stars. Kini, pada tahun 2016, lanskap tersebut terus bergeser. Dalam survei terbaru yang digelar David Schawab, seperti yang dikutip dari Forbes.com, terhadap lebih dari 200 pemasar merek, dijumpai bahwa hampir setengah responden (48%) mengatakan bahwa Lifestyle Expert merupakan jenis influencer sekaligus brand endorser yang paling diminati pemasar untuk mewakili merek mereka. Lifestyle Expert adalah juga mitra selebriti yang paling banyak dipilih oleh pemasar.
Ada empat alasan mengapa Lifestyle Expert telah muncul sebagai influencer sekaligus brand endorser pilihan yang layak dan terjangkau bagi pemasar.
#1 Relatability
Menurut definisi, influencer jenis Lifestyle Expert adalah the real people first, sedangkan selebriti adalah yang kedua. Berdasarkan sifat media dan konten mereka, kategori Lifestyle Expert adalah salah satu brand ambassador yang paling dapat dipercaya dan relatable. Selain itu, secara kualitas, brand terus berusaha untuk memasukkan Lifestyle Expert ke dalam program mereka.
Sebagai contoh, Lifestyle Expert selalu menggunakan produk yang mereka wakili. Salah satunya, influencer Jessica Shyba alias @mommasgonecity. Ia adalah ibu-ibu kebanyakan yang selalu mendokumentasikan kehidupan keluarganya sehari-hari di Instagram. Kini, dia memiliki lebih dari 545.000 pengikut Instagram. Ia selalu memposting foto relatable dari keluarganya. Mulai dari tidur siang, perjalanan ke Disney Land, latihan sepak bola, dan kegiatan lainnya. Dia bekerja sama dengan berbagai merek, karena brand ingin memanfaatkan kehidupan "normal" Jessica sebagai seorang ibu untuk mewakili merek mereka.
#2 Mengetahui Betul Audience
Tidak ada yang lebih penting daripada mengetahui betul audiens Anda dan apa yang membuat mereka tergerak untuk mengikuti Anda. Lifestyle Expert sebagai seorang influencer telah berhasil membangun media sosial mereka dari bawah ke atas. Itu artinya, mereka memiliki hubungan yang lebih kuat pada komunitas mereka dibandingkan dengan selebriti tradisional. Lifestyle Expert tahu apa yang disuka komunitas mereka, yang tidak suka, dan sebagainya.
Contohnya, tidak ada yang memahami lebih baik dari kepribadian para pecinta kuliner seperti Laura Vitale. Di usianya yang ke-29, Vitale telah mengumpulkan lebih dari 2,3 juta pelanggan YouTube, dengan penggemar di seluruh dunia, yang membuat mereka mudah mengikuti resep yang diberikan Laura. Dia sering bertanya kepada para pengikutnya tentang resep apa yang ingin mereka lihat berikutnya. Ia pun selalu belajar banyak hal yang membuat pengikut atau audience-nya mau terlibat dan menginvestasikan waktu untuk melihat social medianya.
#3 Kualitas Konten
Konten adalah inti dari setiap Lifestyle Expert sebagai seorang influencer maupun brand endorser. Jika influencer telah berhasil mengumpulkan ratusan ribu pengikut, itu karena mereka telah menguasai konten mereka, baik konten seputar resep, kebugaran, dan panduan wisata. Lifestyle Expert pun membawa tema khusus ke akun social mereka untuk konten yang berisi brand yang diwakilinya. Lifestyle Expert tidak hanya menyetujui kontrak, namun ia bersama brand turut merancang isi konten yang mengusung brand. Itu sebabnya, Lifestyle Expert adalah juga seorang creator. Langkah itu tentu saja akan saling menguntungkan bagi keduanya, baik brand maupun Lifestyle Expert. Sebab, hal itu akan mampu menciptakan konten yang berkualitas, yang notabene menjadi harapan bagi audience.
Contohnya, di dunia mode, Jules Sarinana atau @sincerelyjules. Di instagram, ia mampu membedakan dirinya melalui kualitas konten yang ia posting. Sekarang, akun Instagram yang diciptakannya dijadikan sebagai outlet kreatif yang memiliki lebih dari 3,5 juta pengikut. Gap, Banana Republic, dan J.Crew pun menggunakannya sebagai influencer.
#3 Return of Investment (ROI)
Sebagai selebriti non-tradisional, menggunakan Lifestyle Expert biasanya tak berbiaya besar dibandingkan menggunakan selebriti tradisional. Dengan biaya yang tak begitu besar, maka pemasar dapat melakukan banyak hal untuk brand mereka bersama Lifestyle Expert. Penting bagi pemasar untuk memanfaatkan tools yang telah tersedia. LIKEtoKNOW it adalah salah satu tools untuk brand yang ingin mempromosikan produk melalui influencer Instagram. Layanan LIKEtoKNOW it memungkinkan setiap posting menjadi "shoppable," yang berarti bahwa konsumen dapat membeli produk tertentu mereka setelah melihat Instagram. Kebanyakan influencer jenis Lifestyle Expert sudah menggunakan layanan tersebut. Oleh karena itu, brand harus memanfaatkan tools tersebut sebagai alat untuk memastikan ROI. Pemasar juga harus menentukan Lifestyle Expert yang tepat untuk brand mereka, sebelum berinvestasi dan menggandeng Lifestyle Expert sebagai influencer maupun brand endorser.