Menyimak Sport Marketing Campaign ala CLEAR

Sepak bola merupakan olahraga yang paling diminati publik di Tanah Air. Tengok saja jumlah fans klub empat sepak bola ternama, seperti Manchester United (MU), Liverpool, Chelsea, hingga Inter Milan. Di social media misalnya, fans klub MU di Indonesia mencapai 54,5 juta netizen. Sementara Liverpol, fans klubnya mampu menembus lebih dari 1,3 juta orang. Itu artinya, Indonesia menjadi negara tertinggi di dunia yang memiliki fans terbanyak untuk klub Liverpool. Sementara Chelsea, jumlah fansnya di Indonesia menyentuh lebih dari 2 juta orang.

CLEAR Bersama Manchester United Mencari Bakat Baru Sepakbola Indonesia Melalui "CLEAR Ayo Indonesia Bisa Academy 2015" CLEAR Bersama Manchester United Mencari Bakat Baru Sepakbola Indonesia
Melalui "CLEAR Ayo Indonesia Bisa Academy 2015"

Bahkan, Mahaka Media lewat Erick Thohir selaku sang founder berani membeli klub Inter Milan senilai Rp 5,3 triliun. Erick yang sekarang juga menjadi President of Internazionale Milano menilai bahwa Indonesia adalah pasar yang menjanjikan dengan separuhnya adalah market anak muda yang gemar sepak bola. Fans Inter Milan di Indonesia, menurutnya, tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara dan tertinggi kedua di Asia, setelah China.

Tinggi antusiasme publik terhadap dunia sepak bola membuat para pemilik merek ramia-ramai menjadikannya sebagai salah satu ”kendaraan” marketing sekaligus branding mereka, persisnya lewat kemasan sport marketing campaign. Terbukti, merek-merek kakap di Tanah Air memanfaatkan sepak bola sebagai bagian dari marketing campaign mereka. Sebut saja, Danone lewat program ”AQUA Danone Nations Cup” yang menyasar anak-anak usisa 10-12 tahun, Nestle lewat program “Milo Football Championship”—sebagai kompetisi sepak bola untuk anak SD, dan Unilever lewat kampanye “CLEAR Ayo Indonesia Bisa”.

CLEAR, sebagai pemain shampo terbesar di Indonesia, dalam tiga tahun terakhir sepertinya tengah mencuri market baru, yakni para penggemar sepak bola. Tepatnya, melalui program ”CLEAR Ayo Indonesia Bisa”. Boleh jadi, langkah CLEAR tersebut guna mempertahankan posisinya di pasar shampo. Maklum saja, selain Pantene sebagai merek shampo yang giat menggelar Public Relations (PR) Campaign dan brand activation, merek-merek anyar dari luar pun mulai merangsek masuk.

Tahun 2011, Unilever pun memutuskan untuk merilis ”Gerakan Ayo! Indonesia Bisa”, yang merupakan inisiatif dari CLEAR untuk membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dan menyatukan suara untuk yakin bahwa Indonesia Bisa. “Melalui gerakan Ayo! Indonesia bisa yang telah diusung sejak tahun 2011, CLEAR berkomitmen untuk memberikan nilai – nilai positif serta kontribusi nyata bagi dunia olahraga Indonesia, salah satunya sepak bola,” terang Johan Lie, Senior Brand Manager CLEAR.

Pada “CLEAR Ayo! Indonesia Bisa 2011”, yang berlangsung hingga tahun 2012, CLEAR memilih Mendukung Tim Merah Putih di Ajang SEA GAMES XXVI, yang ketika itu Indonesia sedang menjadi tuan rumahnya. CLEAR juga menggandeng Brand Ambassador Ello untuk menciptakan lagu "Ayo! Indonesia Bisa” yang dinyanyikannya bersama Sherina. Melalui kampanye perdanaya itu, CLEAR berhasil mengumpulkan 15 juta dukungan melalui www.ayoindonesiabisa.com.

Selanjutnya, “CLEAR Ayo! Indonesia Bisa 2013” kembali digelar. Kali ini, CLEAR mendukung Tim Nasional Indonesia. “Dalam gerakan Ayo! Indonesia Bisa ini, CLEAR mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada Timnas Sepakbola Indonesia dengan mengakses www.ayoindonesiabisa.com dan jika dukungan tersebut mencapai 24 juta, maka CLEAR akan mendatangkan tim pleatih dari Manchester United,” tambah Johan.

Tak dinyana, jumlah dukungan yang terkumpul mencapai 26.021.327. Tim pelatih dari Manchester United Soccer School (MU SS) bersama legendanya Dwight Yorke pun akhirnya menyambangi Indonesia untuk memenuhi harapan masyarakat yang ingin membantu mengembangkan sepakbola nasional melalui training camp.

Memasuki tahun 2014, CLEAR lagi-lagi menggelar “CLEAR Ayo! Indonesia Bisa 2014”. Kali ini, CLEAR mendukung Tim Nasional U-19. “Prestasi terus menerus yang diraih oleh Timnas U-19 membuat CLEAR tergugah untuk mengajak masyarakat meningkatkan dukungan kuat kepada Tim Nasional U-19. Melalui kegiatan itu, CLEAR berhasil mengumpulkan 44 juta dukungan,” lanjutnya.

Dinilai sukses den efektif, akhir Januari 2015 CLEAR kembali menggelar program “CELAR Ayo! Indonesia Bisa 2015”. Kampanye tahun ini bertajuk ”CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy”. Lewat program tersebut, CLEAR mencari 11 pemain sepakbola muda berbakat di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua.

Melalui gerakan CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy tahun ini, CLEAR bekerja sama dengan Manchester United untuk melakukan proses talent scouting di 16 kota di Indonesia guna mendapatkan 11 pemain sepakbola muda terbaik, yakni usia 11-12 tahun. Tak hanya sampai di situ, para 11 pemain terbaik yang telah lolos seleksi tersebut akan dikirim ke Old Trafford, Inggris, guna mengikuti training camp di Manchester United Soccer School.

”Untuk memberikan dukungan, masyarakat Indonesia hanya perlu mengakses website resmi www.ayoindonesiabisa.com. Selain itu, CLEAR mengapresiasi dukungan mereka dengan memberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah gratis ke Old Trafford, Inggris dan menyaksikan langsung aksi para 11 pemain terpilih,” ungkap Johan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)