ONe Mobile Bank OCBC NISP untuk Dukung Inklusi Keuangan

Bank OCBC NISP percaya bahwa literasi keuangan merupakan elemen penting dari proses nasabah dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Literasi dan inklusi keuangan memberi manfaat besar bagi masyarakat: memberi kemampuan masyarakat untuk memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan; mendorong mereka memiliki kemampuan dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik; menghindarkan masyarakat dari aktivitas investasi pada instrumen yang tidak jelas; dan memberi pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan.

Oleh karena itu, Bank OCBC NISP menghadirkan berbagai kegiatan dan program edukatif dalam rangka kampanye literasi keuangan, agar nasabah, calon nasabah, maupun masyarakat secara luas berkesempatan untuk bisa merdeka secara finansial. Dalam rangka literasi dan inkluesi keuangan ini pula, Bank OCBC NISP memperkenalkan pengelolaan keuangan melalui berbagai program interaktif dan disesuaikan dengan perilaku nasabah seperti diskusi Gerakan #Save20 by Nyala, Ngobrol Bareng Rachel, #TAYTBLiveStreamFest, #TAYTBLiveTalks, #TAYTBShow, dan kegiatan-kegiatan CSR Bank yang bertema edukasi seperti program #DiskusiON lewat permainan edukatif Financial EducatiON, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut dijalankan melalui channel digital untuk memperluas akses masyarakat mengakses program edukasi Bank OCBC NISP.

TAYTB atau akronim dari “Tidak Ada Yang Tidak Bisa” adalah semangat yang diperkenalkan almarhum Karmaka Surjaudaja, Founding Chairman Bank OCBC NISP dan dikampanyekan sejak 2019 untuk mendorong generasi muda mulai merintis usaha demi mencapai tujuan hidupnya. “Semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa kami serukan kepada generasi muda produktif Indonesia dalam mengatasi keraguan saat merintis usaha, berinvestasi properti, atau hal lain yang masuk ke dalam life goals mereka,” kata Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja pada peluncuran kampanye ini. Parwati menegaskan perbankan kini bukan lagi hanya instrumen untuk menyimpan uang, tapi sebagai enabler untuk mendukung aspirasi anak muda. Dalam perjalanannya, TAYTB kemudian dijadikan payung untuk berbagai kampanye layanan maupun inisiatif sosial Bank OCBC NISP.

#DiskusiON berperan sebagai enabler bagi masyarakat, khususnya pelajar setingkat SMA dan mahasiswa untuk mengenal pengelolaan keuangan lewat permainan interaktif board game. Pada 2020, program #DiskusiON dikembangkan dengan dijalankan secara virtual untuk beradaptasi pada situasi pandemik agar dapat belajar dan bermain sambil mengedepankan kesehatan dan keselamatan semua pihak. Permainan ini mengajak peserta untuk berkenalan dengan produk-produk Bank seperti tabungan, asuransi, pinjaman, dan investasi, serta bagaimana memanfaatkannya dengan tepat melalui pengelolaan keuangan yang baik. Selain ditujukan bagi pengusaha pemula (start-up), workshop juga diberikan kepada pelajar setingkat SMA dan mahasiswa. Untuk edukasi ke pelajar dan mahasiswa, Bank OCBC NISP menggandeng mitra independen seperti Karya Salemba Empat (KSE) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Tak hanya itu, pada 2019 Bank OCBC NISP juga bekerja sama dengan Wahyoo—start-up untuk memajukan bisnis warung makan, dengan menyelenggarakan Akademi Wahyoo, yaitu forum literasi keuangan bagi pengusaha warung makan yang menjadi mitra usaha Wahyoo.

Selanjutnya, Bank OCBC NISP juga terus mendorong tren investasi di kalangan anak muda, khususnya milenial melalui edukasi literasi keuangan dan penyediaan akses terhadap produk perbankan yang sesuai kebutuhan dan terjangkau. Di sini, Bank OCBC NISP menghadirkan "RACHEL" (Reach Your Life Goals)—inovasi chatbot pintar sebagai Financial Buddy—yang siap membantu para milenial mencapai aspirasi lewat investasi.

Bersama RACHEL, Bank OCBC NISP menggelar diskusi online bertajuk #CuanBarengRachel dengan topik "Generasi Cuan" yang bertujuan untuk membantu generasi milenial berani mulai berinvestasi. Diskusi #CuanBarengRachel membagikan informasi mengenai produk investasi yang sesuai dengan profil risiko pengguna, lengkap dengan berbagai tips dalam menjalankan investasi.

Dalam meningkatkan inklusi keuangan, Bank OCBC NISP juga memperkenalkan produk investasi yang relevan, diperkenalkan melalui gerakan #SAVE20 by Nyala pada Juli 2020. Melalui program ini, Bank OCBC NISP mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk ikut andil dalam Gerakan #SAVE20 by Nyala, Gerakan untuk memulai new habit dengan menabung dan berinvestasi dari nominal yang paling terjangkau, Rp20.000 setiap hari melalui produk TAKA (Tabungan Berjangka) atau Reksadana Berjangka.

“Nominal yang terlihat tidak signifikan, jika dikelola dengan baik dan konsisten, berpotensi memberikan nilai tambah yang signifikan dalam jangka waktu panjang,” Kata Kajit, Direktur Bank OCBC NISP. Dia juga berpendapat bahwa perencanaan keuangan, termasuk berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan, perlu dimulai sedini mungkin.

Melalui inisiatif ini, Bank OCBC NISP menjadi Bank pertama di Indonesia yang menghadirkan produk reksadana berjangka dengan pembelian harian dan mingguan. Reksadana berjangka dan TAKA, serta beragam pilihan investasi lainnya dapat dengan mudah diakses oleh nasabah di ONe Mobile—aplikasi mobile banking Bank OCBC NISP.

Berfungsi sebagai enabler bagi nasabah individu ke seluruh produk perbankan, Bank OCBC NISP menghadirkan layanan ONe Mobile yang diluncurkan pada 4 April 2018, bertepatan dengan hari jadi Bank OCBC NISP ke-77. Layanan ini dikembangkan sebagai aplikasi layanan digital dan seamless banking experience untuk segmen retail yang berperan sebagai comprehensive asset/money manager. Dimana layanan ini tidak hanya menawarkan kemudahan dan kenyamanan saat memenuhi kebutuhan transaksi finansialnya, melainkan juga dapat membantu nasabah meningkatkan kualitas hidup melalui pengelolaan kekayaan dan investasi.

Memiliki hampir seluruh dari fungsi cabang, ONe Mobile memudahkan nasabah melakukan beragam transaksi perbankan hanya melalui aplikasi, mulai dari membuka rekening, transaksi keuangan, penarikan tunai tanpa kartu, hingga memblokir kartu jika dibutuhkan.

Selain itu, seluruh produk Bank OCBC NISP dan OCBC NISP Syariah seperti; Simpanan (Tabungan, Tabungan Berjangka, Giro, Deposito), Asuransi, Pembayaran, dan KPR, dapat nasabah temukan dalam satu aplikasi ini. Fitur lain disediakan dalam aplikasi ini untuk memberi kemudahan kepada nasabah, seperti pengajuan Kartu Kredit, KTA (on cash loan), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Mobil (KPM), jual beli mata uang asing, hingga top up e-wallet.

Unggulnya lagi, nasabah juga bisa melakukan transaksi produk investasi dan memantau kinerja portofolio, melihat profit/loss secara real-time untuk produk investasi yang dimiliki seperti produk Reksadana, Obligasi, dan Bancassurance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)