Perdana, Hit Magic Expert Piramida

Latar Belakang

Nyamuk merupakan salah satu ancaman kesehatan yang serius di Indonesia. Menurut riset internal Godrej Indonesia, sebanyak delapan dari sepuluh masyarakat Indonesia tinggal di area di mana nyamuk pembawa penyakit tersebut berkembang biak. Sementara untuk pencegahan, empat dari sepuluh rumah tangga di Indonesia tercatat masih menggunakan obat nyamuk bakar untuk melindungi mereka dari gangguan nyamuk.

Selain harganya yang ekonomis, persepsi sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa obat nyamuk bakar lebih ampuh mematikan nyamuk dari pada jenis produk obat nyamuk lainnya. Dengan nilai bisnis mencapai Rp 2 triliun, produk obat nyamuk bakar dinilai masih sangat potensial untuk digarap.

Untuk itu, pada Oktober 2018 ini Godrej Indonesia melalui merek obat nyamuk Hit Magic Expert meluncurkan produk perdananya obat nyamuk bakar dalam bentuk piramida. Produk baru ini tidak seperti obat nyamuk bakar kebanyakan yang bentuknya spiral bulat. Diluncurkannya produk baru ini antara lain karena Godrej Indonesia melihat tidak ada inovasi signifikan pada segmen obat nyamuk bakar dalam beberapa dekade terakhir.

Pengembangan Produk

Hit memperkenalkan HIT Magic Expert Piramida, obat nyamuk bakar terbaru dalam bentuk piramida. Berbeda dengan produk Hit sebelumnya, HIT Magic Expert Piramida adalah inovasi terbaru Godrej Indonesia yang mampu memberikan perlindungan sepanjang malam dengan asap yang lebih sedikit, namun mampu mematikan nyamuk secara instan.

Melalui inovasi barunya, Godrej Indonesia juga mengklaim bahwa Hit Magic Expert Piramida lebih aman dihirup dibandingkan obat nyamuk bakar lainnya. Selain itu, obat nyamuk bakar piramida ini juga dikemas dalam produk berbahan karton yang tidak mudah patah dengan formula H.I.T dot yang efektif bahkan untuk nyamuk bandel serta 4 kali lebih ampuh dengan asap yang empat kali lebih sedikit, sehingga lebih aman.

“Inovasi ini juga sebagai upaya kami membantu melindungi masyarakat dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk berbahaya, antara lain Demam Berdarah, Malaria, Zika, dan Chikungunya. HIT Magic Expert Piramida merupakan terobosan inovasi pertama Godrej di dunia yang dikembangkan di Indonesia dan ditujukan juga untuk konsumen obat nyamuk bakar di Indonesia,” tutur Akhil.

Peluang Pasar

Diungkapkan Akhil Chandra, Presiden Direktur Godrej Indonesia, “Pasar obat nyamuk rumahan atau home insecticides di Indonesia bernilai Rp 5 triliun, di mana Rp 2 triliun di antaranya adalah obat nyamuk bakar. Oleh karena itu, kami melihat potensi pasarnya masih sangat besar, terutama di Indonesia.”

Menurutnya, pasar obat nyamuk bakar sangat luas. Penggunanya bukan hanya dari kalangan menengah ke bawah, tetapi menengah ke atas, lalu di perkotaan maupun di pedesaan juga masih banyak yang menggunakan produk ini. Godrej melihat, salah satu faktornya adalah karena kebiasaan dari orang tua dulu yang sering menggunakan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk, jadi terbawa sampai sekarang.

Akhil menjelaskan, dari keseluruhan penggunaan obat nyamuk rumahan, 40% merupakan obat nyamuk bakar atau berbahan coil, 20% lainnya berbahan aerosol, dan sisanya jenis-jenis lain. Nilai pasar obat nyamuk bakar yang mencapai Rp 2 triliun dinilai Akhil sebagai potensi besar.

Untuk distribusi, Godrej Indonesia akan fokus di warung dan mini market produk dalam memasarkan produk terbarunya ini. Menurut Akhil dua channel tersebut efektif untuk memasarkan obat nyamuk bakar, karena sifatnya langsung ke konsumen.

Hit Magic Expert piramida akan mulai dipasarkan ke konsumen Indonesia mulai 18 Oktober 2018. Dibanderol dengan harga ritel Rp. 2.000 dalam kemasan isi 4 dan Rp. 4.000 untuk kemasan isi 10, Hit Magic Expert piramida tersedia dalam dua pilihan wangi premium, yaitu Classy Lily dan Floral Blossom. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)