Ramai-Ramai Brand Bertarung Branding di Film "Ada Apa dengan Cinta 2"

aadc-2

Sukses di seri pertamanya yang tayang pada tahun 2002 silam, tahun ini film “Ada Apa dengan Cinta” (AADC) sekuel keduanya akhirnya diproduksi kembali oleh Miles Film. Keputusan Miles Film dan sang produser Mira Lesmana memproduksi AADC 2 boleh jadi dilatarbelakangi fenomenal film pendek AADC yang dimanfaatkan LINE untuk kepentingan kampanye fitur anyarnya, Find Alumni, di November 2014.

Ya, sejak kampanye LINE itu, publik Tanah Air langsung diingatkan kembali akan akhir cerita AADC 1 yang masih menggantung: Apakah dua pemeran utama, Rangga dan Cinta, dapat bersatu kembali? Bahkan, banyak publik yang meminta sang produser, Mira Lesmana, untuk membuat sekuel keduanya. Hasilnya, pada 28 April 2016 nanti, film AADC 2 siap tayang di seluruh bioskop di Tanah Air. Film AADC 2 yang mengambil lokasi syuting di Yogyakarta, Jakarta, dan New York itu pun kini sudah rampung. Bahkan, Gala Premiere-nya telah dihelat pada 23 April 2015 lalu di Yogyakarta.

Film yang telah dirindukan oleh masyarakat Indonesia itu rupanya menjadi magnit tersendiri bagi sejumlah brand di Indonesia. Para pemilik brand pun berlomba-lomba sekaligus bertarung memanfaatkan AADC 2 sebagai salah satu saluran komunikasi atau branding. Terbukti, sederet brand besar relah resmi mensponsori AADC 2. Adalah Aqua dan L’Oreal hadir sebagai sponsor utama. Selanjutnya, didukung oleh sponsor lainnya, seperti LINE, Lenovo, Magnum, Mitsubishi, Garuda Indonesia, Telkomsel, dan Fuji Film.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melalui brand Mitsubishi misalnya, memilih mensponsori AADC 2 demi meningkatkan brand awareness dan pemahaman akan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Selain brand awareness yang diharapkan makin meningkat, AADC 2 juga menjadi salah satu saluran komunikasi KTB dalam mempersiapkan teaser peluncuran Small MPV Mitsubishi Motors yang akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia pada tahun 2017 mendatang.

Sebagai pihak sponsor, KTB menyediakan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors untuk menunjang proses produksi film AADC 2. Termasuk, muncul di beberapa adegan film AADC 2, atau lebih dikenal dengan brand cameo. Kerja sama tersebut dilakukan karena film AADC sebelumnya telah menuai sukses dan memberikan kenangan tersendiri kepada masyarakat Indonesia. Selain itu, terdapat kecocokan antara karakter yang ada di dalam film tersebut dengan segmentasi dan target konsumen Mitsubishi di Indonesia.

Tak hanya itu, KTB juga berpartisipasi dalam acara-acara pendukung film AADC 2. Antara lain, dengan menyediakan Mitsubishi All New Pajero Sport dan Delica sebagai Official Car untuk digunakan para pemeran film menghadiri Gala Premiere di Red Carpet Moment pada 23 April lalu di Yogyakarta. KTB juga menjadi sponsor konser musik Soundtrack film AADC 2 yang disiarkan di salah satu stasiun TV Swasta.

Brand lainnya adalah Lenovo. Tak kurang dari sembilan produk Lenovo siap muncul dalam sekuel film AADC 2. Sembilan produk Lenovo yang akan tampil dalam adegan AADC 2 antara lain Lenovo YOGA 900 (laptop), Lenovo YOGA Home 500 (All in One PC), Lenovo A740 (All in One PC), Lenovo VIVE Shot (smartphone), Lenovo VIBE S1 (smartphone), Lenovo S60 (Smartphone), Lenovo A6010 (smartphone), Lenovo A6000 (smartphone), dan Lenovo A2010 (smartphone).

Sebagai sponsor, Lenovo membuat AADC 2 mengadopsi inovasi teknologi. Kemunculan produk-produk Lenovo pada AADC 2, dipastikan akan menjadi bagian dalam cerita AADC 2 dengan dikemas secara natural. "Lenovo memiliki barang-barang yang unik dan fungsi-fungsi yang agak beda. Itu yang membuat penempatan dalam adegan film menjadi lebih natural. Kami di Lenovo juga mau adegan itu tampak natural, tidak mau terkesan iklan banget," ujar Consumer Lead Lenovo Indonesia Adrian Lesmono, yang menyebutkan bahwa sebelumnya Lenovo juga telah mensponsori film 'Filosofi Kopi' yang juga sukses di pasar.

Sementara itu, L’Oréal memilih menggelar sebuah kontes makeup bertajuk “Be a part of Genk Cinta” yang bisa diakses melalui website www.lorealaadc2.com mulai 17 Maret 2016. Melalui website itu, publik dapat memilih sendiri makeup look favorit dan mencocokannya dengan karakter masing-masing anggota Genk Cinta.

Selanjutnya, tampilan terbanyak akan menjadi acuan tampilan makeup dari Cinta, Milly, Maura dan Karmen, yang akan dipamerkan pada acara peluncuran film AADC 2. Sedangkan bagi para pemenang kontes, mereka akan mendapatkan Red Carpet Make-Over dari tim L’Oreal Paris dan akses VIP untuk menyaksikan malam peluncuran film AADC 2, lengkap dengan sesi foto bersama Genk Cinta.

Lain lagi dengan Aqua. Brand milik Danone itu memilih menggunakan kerinduan AADC 2 sebagai konten iklan terbaru dari Aqua. Masih bertema Gagal Fokus, Dian Sastrowardoyo pemeran Cinta di AADC 2, menjadi bintang iklan Aqua. Iklan yang tayang sejak Maret 2016 itu juga dilengkapi dengan puluhan meme di social media dengan hashtag #AdaAqua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)