Cerita di Balik Viralnya Kampanye #IniBeneranLive

Di tengah maraknya brand memanfaatkan media digital sebagai kanal komunikasi merek, platform edukasi Zenius justru memanfaatkan media luar ruang atau Out of Home (OOH), sebagai kanal kampanye komunikasinya. Melalui videotron raksasa di area gedung IDX, SCBD-Jakarta, Zenius mencoba mencuri perhatian para pengguna jalan yang lalu lalang di kawasan tersebut.

Videotron raksasa berlatar belakang ungu yang terpampang di kawasan tersebut tak menampilkan promosi apapun. Hanya menampilkan sekelebat beberapa warga Jakarta yang sedang beraktivitas seperti biasa disertai dengan angka countdown di bagian tengah.

Alhasil, sejak awal pekan ini, tagar #VideotronUngu menjadi trending topic di Twitter. Ribuan netizen mengirimkan tweet bernada penasaran, dengan mempertanyakan videotron yang terpampang di depan gedung IDX, SCBD.

Seorang pengguna Twitter dengan username @Bayu_joo, misalnya, keheranan melihat videotron berlatar ungu yang hanya menampilkan seorang laki-laki sedang tersenyum. Padahal, biasanya layar tersebut penuh dengan tayangan iklan dari berbagai brand.

Video pendek yang ia bagikan di Twitter pun sudah dilihat oleh lebih dari 20.000 netizen dan mengundang berbagai komentar kocak. @Wisenu_PRW misalnya, membalas dengan kalimat, “Gini nih kalo kawasan rang rang crazy rich indonesia, video di aplotnya ke videotron.”

Ada juga @amelputranti yang men-tweet, “Kalo malem terangnya bukan maen, saking terangnya bisa menerangi kehidupan yg blur itu videotronnya”.

Setelah beberapa hari membuat penasaran para pengguna jalan dan netizen, akhirnya Zenius menjawab tuntas pada hari ini (7/8). Ternyata, videotron ungu yang sempat viral tersebut dipersembahkan oleh Zenius.

Hitung mundur yang dimulai sejak tiga hari lalu berujung pada tayangan edukasi live yang dapat ditonton oleh semua orang yang ada di sekitar videotron. Tepat pada pukul enam sore, videotron ungu ini resmi menampilkan tutor dari Zenius yang mengajak para pengguna jalan untuk berinteraksi secara langsung. Interaksi terjadi antara tutor yang ada di layar videotron dengan para pengguna jalan di daerah itu. Adapun interaksi berupa kuis, tanya jawab, hingga obrolan.

Videotron ungu ini merupakan bagian dari kampanye #IniBeneranLive dari platform edukasi Zenius. Diungkapkan Ary Mozta, Head of Social Media and Communications Zenius Education, kampanye #IniBeneranLive bertujuan untuk menunjukkan bagaimana Zenius selalu menawarkan konten-konten edukasi dan persiapan ujian dengan cara yang unik dan secara live.

“Melalui platform dan aplikasi, setiap pengguna dapat mengakses sumber pembelajaran kapan saja dan dari mana saja, termasuk dari medium yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, yaitu videotron,” ujarnya.

Melalui kampanye itu, Zenius ingin menyampaikan pesan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tak harus berlangsung di sekolah. KBM bisa berjalan di mana saja, baik di rumah, tempat les, bahkan di jalanan umum di ibukota, seperti yang dibuktikan oleh sang videotron ungu.

Kreativitas Zenius pada kampanye #IniBeneranLive terbukti berbuah manis, yakni mampu menciptakan word-of-mouth dan viral di kalangan netizen Indonesia. Mereka berhasil mencapai trending topic Twitter.

Berdiri sejak tahun 2004, Zenius merupakan perusahaan veteran yang bergerak di bidang edukasi. Dimulai sebagai bimbingan belajar offline, perusahaan ini terus mengembangkan diri sesuai dengan perubahan zaman. Pada Desember 2019, Zenius menggratiskan semua konten pembelajarannya di platform online. Langkah ini mereka lakukan untuk membantu semua anak Indonesia mengakses pendidikan yang berkualitas tanpa biaya. Zenius kembali melakukan terobosan pada Maret 2020, dengan menggratiskan semua layanan pendidikan serta meluncurkan Zenius Live Class.

“Platform Zenius tidak hanya dibuat untuk para siswa. Kami ingin terus membantu semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, baik itu guru, orang tua, maupun para siswa sendiri. Dengan tagline ‘Zenius untuk Semua’, kami ingin semua individu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Itulah sebabnya tim Zenius akhirnya memutuskan untuk menggratiskan puluhan ribu video materi pembelajaran serta latihan soal untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA,” ucap Ary.

Untuk menghadirkan pengalaman belajar online yang lebih baik, Zenius juga melebarkan sayap dengan meluncurkan produk Zenius Ultima dan Zenius Optima. Zenius Ultima ditujukan untuk para siswa yang hendak bersiap-siap menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di tahun 2021. Melalui layanan ini, para siswa bisa bertanya langsung pada para tutor seperti layaknya bimbingan belajar intensif. Selain itu, mereka juga bisa melakukan konseling jurusan, konseling pemilihan universitas, hingga evaluasi performa mereka.

Sementara itu, Zenius Optima merupakan layanan bimbingan belajar online yang live dan interaktif. Berbeda dari video biasa yang bersifat satu arah, layanan yang satu ini membantu para siswa dari kelas 1-12 untuk bisa berinteraksi layaknya di ruang kelas biasa. Zenius Ultima dan Optima bisa diakses di aplikasi Zenius di Android dan iOS mulai dari bulan Agustus 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)