AERO TRAVEL ( anak usaha PT Garuda Indonesia) hari ini (1/6) meluncurkan www.sahara-aerotravel.com, situs penjualan tiket online hasil kerjasama dengan Komunitas Sahara (Sahabat Usaha Rakyat). Dengan kerjasama tersebut, Garuda Indonesia melalui anak usahanya PT. Aero Globe Indonesia (Aerotravel) akan memfasilitasi penjualan tiket Garuda Indonesia dan Citilink melalui sistem penjualan tiket online yang dapat diakses oleh seluruh anggota komunitas SAHARA yang ada di Indonesia.
"Program kemitraan ini akan membuka peluang usaha baru bagi pelaku UMKM dan anggota koperasi di seluruh Indonesia melalui penjualan tiket penerbangan serta produk wisata lainnya," ujar founder Komunitas Sahara Sharmila. Sebagai mitra usaha Garuda Indonesia dan Citilink, anggota komunitas Sahara akan mendapatkan potongan harga dan komisi penjualan dari setiap transaksi yang dilakukan.
Sahara adalah komunitas para pengusaha yang beranggotakan para pelaku UMKM dan anggota Koperasi dari berbagai lapisan masyarakat. Komunitas ini memiliki 3 juta database anggota yang bisa digerakkan untuk mengembangkan usaha travel ini.
Untuk bisa mengakses dan membeli tiket, anggota komunitas Sahara dan masyarakat harus mendaftar membership terlebih dahulu yang tidak dipungut biaya. Sebagai tahap awal,seluruh UKM dan Koperasi yang menjadi binaan Smesco (Small and Medium Enterprises and Cooperatives) sebanyak 1.700 orang sudah didaftar untuk mendapatkan harga promo.
Dari pihak Aerotravel Direktur Utama Gatot Satriawa menyambut baik lahirnya situs e-commerce yang mengerahkan para member komunitas Sahara sebagai ujung tombak penjualan tersebut. Mulai dari pernjualan tiket perjalanan, voucher hotel, paket wisata termasuk umroh, dan lain-lainnya.
Sebenarnya, e-commerce bukanlah hal baru bagi Aerotravel. Sejak 2013, Aerotravel sudah mulai mengoperasikan sistem e-commerce melalui web di tiga perusahaan, yakni PT Aero Globe Indonesia, Garuda Orient Holiday Australia, dan Garuda Orient Holiday Korea. Tingkat pertumbuhan pendapatan Aerotavel dari divisi e-commerce tahun 2015 lalu melebihi angka 130%, yang antara lain didukung dari penjualan 126 ribu tiket perjalanan termasuk 10 ribu paket umroh.
Direktur Aerotravel Devi Yanti berharap kerjasama tersebut akan memberikan manfaat ekonomi dari pertumbuhan penjualan tiket dan perjalanan wisata yang terus meningkat. "Tentu saja kami berharap kerjasama ini akan meningkatkan penetrasi Garuda Indonesia dan Citilink pada semua segmen pasar,"ujarnya.