Agar Marketing Campaign Sukses, Perlukah Marketers Mengikuti Kursus Online dari Facebook?

Berbagai layanan atau fitur yang mampu memaksimalkan iklan atau marketing campaign klien sudah diluncurkan Facebook. Hampir tiap tahunnya Facebook berinovasi meluncurkan aneka fitur dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan brand milik klien-kliennya. Namun, Facebook sepertinya juga menyadari bahwa tidak mudah bagi klien atau marketers menggunakan aneka layanan atau fitur tersebut.

IMG_20150916_48276

Menjawab kebutuhan tersebut, Facebook pun meluncurkan Blueprint pada Maret lalu. Blueprint dirancang Facebook sebagai sumber pembelajaran baru untuk membantu para pemasar mengembangkan bisnis mereka. Varian perdana dari Blueprint adalah Blueprint eLearning yang dikemas sebagai kursus online untuk para pemasar.

Selama enam bulan terakhir, Facebook melihat penerimaan atas program itu begitu luar biasa, yakni hingga mencapai hampir 200.000 pendaftaran kursus dan 73.000 total pengguna unik. Adapun sepuluh negara dengan pendaftaran tertinggi adalah Amerika Serikat, India, Kanada, Inggris, Brasil, Jerman, Vietnam, Mesir, Meksiko, dan Rumania.

Sementara itu, lima Pendaftaran Kursus Tertinggi dari para pemasar adalah tentang Terminologi Facebook, Selamat Datang di Pemasaran melalui Facebook, Kampanye Sukses, Brand dengan Praktik Terbaik, dan Kreatif dengan Praktik Terbaik.

Demi mengembangkan lebih jauh kursus online yang sudah tersedia 35 buah, Blueprint eLearning membuat roadmap program baru dengan kurikulum yang disesuaikan untuk berbagai jenis vertikal, pengiklan direct response, UKM, dan Instagram.

Kursus Blueprint eLearning saat ini telah tersedia dalam bahasa Inggris. Pada akhir September, program ini akan tersedia dalam bahasa Korea dan China. Pada bulan Oktober kursus online akan diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, Jerman, Spanyol, dan Portugis.

Blueprint eLearning merupakan program pendidikan pertama dari Blueprint yang diluncurkan musim semi ini dan telah memiliki lebih dari 35 kursus online di berbagai jenis pemasaran seperti pemasaran direct response, interaksi menggunakan aplikasi, pemasaran yang dilakukan berdasarkan data, dan juga jalur yang dirancang untuk tujuan tertentu seperti digital buying. Blueprint eLearning center tersedia dalam bahasa Inggris pada desktop dan mobile kepada siapapun yang memiliki akun Facebook.

Tingginya pertumbuhan industri game online juga membuat Facebook tergiur. Untuk itu, pada bulan Oktober 2015, kursus eLearning khusus untuk game akan segera dirilis Facebook dengan fokus untuk mengajarkan peserta bagaimana pengembang dan produsen game bisa menggunakan Facebook sebagai platform pemasaran untuk berinteraksi dengan pemain paling loyal sekaligus mendapatkan pemain baru.

Selain itu, Facebook juga mengincar para pengguna individual lewat varian Blueprint Live. Blueprint Live adalah program pendidikan individu yang interaktif untuk para agen dan pengiklan yang mengajarkan aplikasi efektif mengenai prinsip-prinsip dasar dari pemasaran Facebook, dan dibangun berdasarkan kerangka pembelajaran dasar yang disediakan dalam Blueprint eLearning.

Blueprint Live terdiri dari latihan interaktif satu hari penuh. Peserta memiliki kesempatan untuk membangun rencana media Facebook berdasarkan kebutuhan seorang klien imajiner. Sejak awal pelatihan, peserta bisa larut dalam upaya pencarian solusi dalam mengatasi tantangan bisnis maupun pemasaran melalui kerjasama tim untuk mencapai solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)