Dewan Pers pada Januari 2016 lalu merilis ada sekitar 2.000 media online di Indonesia. Fakta itu menunjukkan bahwa publik semakin mudah mengakses internet demi mencari informasi terkini. Tak mengherankan, jika kini pengiklan ataupun pemasar mulai memilih media online atau digital sebagai salah satu channel komunikasi maupun branding.
Demi menjawab kebutuhan tersebut, PT Metranet--subsidiary dari PT Telkom Indonesia--meluncurkan UadExchange pada pertengahan Mei ini. UAd Exchange merupakan platform yang menghubungkan secara langsung antara media (Publisher) dan pengiklan (Advertiser).
Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet Didik B. Santoso mengatakan, UAdExchange platform adalah sebuah sistem layanan manajemen iklan yang memudahkan perusahaan atau pemasang iklan untuk memasang iklan secara online. Termasuk, membantu publisher menjual slot iklannya secara online. “Tantangan terbesar dalam dunia digital adalah bagaimana melakukan monetisasi atau mendapatkan keuntungan. Perangkat UadExchange adalah salah satu jawabannya," ujar Didik.
Sebagai perusahaan yang berfokus di dunia digital, dikatakan Didik, Metranet sejak awal memiliki tujuan dan mencari cara bagaimana bisa membantu dunia digital di Indonesia untuk terus tumbuh dan bergerak cepat mengikuti perkembangan dalam era disruptive ini.
Manager Partnership PT Metranet Helly Chatalina menambahkan, “Saat ini sudah ada lebih dari 150 publisher yang bergabung dengan UAdExchange. Para Publisher tersebut di antaranya SWA Media, MRA Media, Hallo Media Network (HMN), Wanita Indonesia, Media Ciputra Group, Selular.id, Tabloid Bintang, dan Astaga.com. "Saat ini, UAd juga sudah bermitra dengan Ad Network Global, di antaranya Google dan Criteo," ujarnya.
Platform dan Media Manager PT Metranet Sandi Mardiansyah menjelaskan, melalui perangkat baru itu, publisher dapat melakukan monetisasi ruang iklan (Ad space) di situs yang dimiliki publisher dengan fill rate sekitar 75%-80%.
“Sedangkan bagi Advertiser, mereka bisa memasarkan atau mengenalkan produk mereka. Tentu saja, dengan jangkauan Audience atau pembaca sesuai target dari Advertiser. Mereka juga bisa memilih publisher yang sudah bergabung dengan Uad Exchange,” terang Sandi.
Cara kerja perangkat tersebut, kata Sandi, mudah dan bisa dilakukan dengan lima tahapan, yakni registrasi, verifikasi, monetisasi dan optimasi, penagihan, dan pembayaran. “Informasi dapat diakses langsung di http://blog.uadexchange.com atau http://support.uadexchange.com/,” tutup Sandi.