Sebagai salah satu alternatif saluran komunikasi, sepertinya Facebook dianggap efektif oleh para pelaku bisnis. Terbukti, hari ini Facebook merilis bahwa kini sudah lebih dari tiga juta bisnis – sebagian besar merupakan bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) – secara aktif beriklan di Facebook. Angka itu menunjukkan peningkatan hingga 50% dalam waktu satu tahun. Menariknya, 75% dari tiga juta bisnis itu berada di luar Amerika Setikat. Sementara itu, kni lebih dari 50 juta UKM menggunakan Facebook Page untuk berkembang.
Facebook Bussiness.
Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, Facebook telah membantu pertumbuhan UKM di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan lebih dari 62% masyarakat Indonesia terhubung ke Page UKM. Ya, Facebook kini diyakin sebagai jembatan untuk ekonomi mobile UKM.
“UKM adalah pusat perekonomian lokal di Asia Tenggara dan kami berkomitmen untuk membantu bisnis lokal berkembang. Secara global, lebih dari tiga juta bisnis telah aktif beriklan di Facebook. Asia Tenggara adalah kawasan dengan pertumbuhan bisnis yang paling cepat, karena semakin banyaknya bisnis lokal yang menggunakan Facebook Pages sebagai solusi mobile bisnis mereka," ucap Nadia Tan, Head of SMB Asia Tenggara.
Untuk merayakan keberhasilan itu, Facebook juga mengumumkan pembentukan Your Business Story, sebuah fitur pembuat video baru untuk memudahkan para pemillik bisnis untuk menampilkan apa yang ditawarkan perusahaannya ke seluruh dunia. "Sebagai bagian dari perangkat ini, pelaku bisnis dapat mengunggah foto ke Page mereka, dilengkapi dengan musik dan share apa saja yang akan dilakukan oleh bisnis mereka," tutupnya.