GetCraft Mempercepat Proses Discovery Vendor Kreatif

GetCraft adalah marketplace yang membantu pelaku bisnis kreatif dan marketers untuk bertemu dan berkolaborasi dalam kegiatan pemasaran, mulai dari merancang strategi, membuat konten, dan juga mendistribusikan konten/media placement.

Menggunakan platform Marketplace ini, brand bisa melihat dengan jelas siapa saja kreator konten yang dicari, tarif yang ditetapkan, dan apa yang bisa dijanjikan berdasarkan kategori yang diinginkan.

“Fitur hebat Marketplace kami adalah memberikan para pemasar estimasi biaya atau potensi pemirsa berdasarkan kreator konten atau mitra konten bersponsor yang mereka pilih. Klien kami bisa menggunakan kapabilitas ini untuk merencanakan kampanye pemasaran kontennya,” jelas Anthony Reza Prasetya, CEO GetCaft saat peluncuran marketplace ini setahun lalu.

GetCraft didirikan oleh Patrick dan Anthony Reza Prasetya. Reza kini menjadi CEO GetCraft untuk Indonesia. GetCraft telah mendapatkan pendanaan awal dari 500 Startups dan Convergence Ventures dan merencanakan untuk menggalang dana Seri A pada 2019 untuk membantu mereka mengglobal.

Bagaimana start up ini membantu mempermudah dan mengefisienkan pekerjaan marketing dan komunikasi perusahaan? Anthony memaparkan 4 fungsi yang mereka tawarkan dalam bisnis tersebut.

Pertama, mempercepat proses discovery vendor kreatif yang selama ini hanya berlangsung secara mouth-to-mouth atau pencarian secara manual. Di GetCraft, pihak yang membutuhkan jasa kreatif bisa memilih vendor dengan berbagai spesialisasi jasa, berdasarkan rentang harga dan kategori topik. Dengan demikian, proses yang sebelumnya memakan waktu beberapa minggu bisa dipersingkat jadi real time atau beberapa jam saja.

Kedua, melakukan efisiensi melalui project management tool yang mempermudah komunikasi di antara pihak yang membutuhkan dan menyediakan jasa kreatif; sehingga komunikasi bisnis terjadi dan terdokumentasi dari proses briefing sampai delivery; tanpa harus tercecer di email, WhatsApp, dan berbagai tools lain. Kemudahan ini sangat penting untuk klien maupun kreator yang mengelola banyak project sekaligus.

Ketiga, mereka juga menyediakan fitur measurement yang penting untuk mengukur performa pemasaran, baik dari sisi pihak yang membutuhkan maupun menyediakan jasa kreatif. Sehingga proses penciptaan materi marketing lebih transparan, terukur, dan bisa terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Keempat, layanan pembayaran atau transaksi finansial yang membantu marketers mengelola pembayaran terhadap kreator, dan membantu kreator mengelola urusan finansialnya, yang umumnya terjadi karena periode pembayaran yang berbeda-beda dari berbagai klien. Melalui platform ini, marketers maupun kreator bisa mengelola soal pembayaran secara terintegrasi dengan berbagai project yang dijalankan di dalam platform.

Kemudian, untuk membantu kreator menerima pembayaran project lebih cepat, GetCraft juga menggandeng beberapa rekanan bank dan fintech untuk memberikan layanan pembiayaan. Hal ini dinilai penting karena industri kreatif boleh dibilang transaksi banyak yang bersifat unbanked.

Di luar itu, masih kata Anthony, mereka juga mengembangkan program edukasi yang efisien untuk marketers (academy.getcraft.com) maupun kreator konten (crafters.getcraft.com) agar bisa terus mengembangkan diri sehingga membuat bisnis mereka akan semakin maju lagi.

Agar semua berjalan terukur, menurut Anthony, yang dibutuhkan adalah transparansi dari berbagai pihak/stakeholders terkait best practice atau benchmark ukuran sukses pada kegiatan marketing. Dalam hal ini, peran serta lembaga riset seperti Nielsen penting untuk membantu memberikan gambaran atau lanskap pasar; sementara pemilik merek bisa berkontribusi dengan merilis studi terkait marketing atau tren yang relevan dengan sektor industrinya.

Sebagai startup yang sudah matang secara capital dan infrastruktur di industri marketing, GetCraft fokus mengembangkan layanan yang mencakup beberapa vertical di ekosistemnya. Mulai dari layanan marketplace (discoverability), project management tool, sampai layanan pembayaran.

Sejauh ini, bagaimana respon pasar terhadap GetCraft? Anthony mengaku mereka mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari pasar (baik marketers maupun kreator). Saat ini ada lebih dari 7,000 bisnis kreatif yang tergabung di marketplace GetCraft dan mengerjakan project untuk lebih dari 350 brands/marketers. Dan secara nominal, marketplace ini telah memberikan project dengan nilai lebih dari 120 miliar rupiah selama 3 tahun terakhir.

Terkait kegiatan meetup/training yang dilakukan GetCraft untuk proses edukasi, sepanjang 2018 sampai saat ini mereka telah melibatkan lebih dari 5,000 peserta/partisipan di Asia Tenggara. Sementara untuk blog seputar marketing dan industr kreatif, di Indonesia saja mereka sudah mengelola 20 ribu pembaca, dengan pageviews mencapai 75,000 serta menjaring lebih dari 8,000 subscribers setiap bulannya.

Bicara prospek pasar, Anthony menyebut petanya tidak lepas dari potensi belanja media dan iklan di Indonesia yang cukup besar, dengan rata-rata 1.2%-1.5% dari total GDP. Sampai kuartal III 2018 kemarin saja, tercatat belanja iklan sudah mencapai Rp144 triliun atau hampir sama dengan total 2017, sebesar Rp145 triliun. “Nah di situlah kami ingin mengambil sebagian porsi dari belanja media dan iklan melalui platform yang membuat semua proses pemasaran menjadi lebih mudah dan efisien,” ujarnya lagi. 

Tips GetCraft untuk StartUp Marketing Indonesia

1. Pada intinya, startup harus memahami permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh penggunanya. Oleh karena itu, mereka harus menawarkan solusi yang bisa memberikan jawaban tepat guna, mudah digunakan, dan memberikan nilai tambah bagi penggunanya, baik dalam bentuk produk, fitur, dan lain-lain.

2. Feedback dan input dari pengguna adalah sangat penting, baik dalam proses perencanaan atau peluncuran produk, melalui customer testing, dan lain-lain. Prioritaskan solusi yang paling dibutuhkan oleh pengguna. Hindari berlama-lama dalam proses produksi karena yang kita perlukan adalah feedback dari pengguna, bukan produk yang sempurna tapi tidak relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)