FIF Group
Di tengah tren penjualan motor yang cenderung menurun, FIF Group harus jeli melihat setiap peluang yang ada. Termasuk, menciptakan inovasi dan improvement atas sesuatu yang belum ada atau untuk memaksimalkan proses bisnis saat ini. “Demi mencapai visi ‘Menjadi Pemimpin Industri yang Dikagumi secara Nasional’, kami harus melakukan diferensiasi product dan service FIF Group,” ujar Ricky Gunawan, IT Division Head FIF Group.
Perkembangan ICT di FIF Group, lanjutnya, tercatat cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Jika awalnya ICT berperan menjadi ‘supporting’ atau ‘enable’ the business, sekarang sudah mencapai level ICT drive the business. “Dalam arti, seluruh inisiatif yang dijalankan oleh corporate wajib diimplementasikan ke dalam system. Selain itu, IT juga turut melakukan inovasi dalam hal digitalisasi proses bisnis. Harapannya adalah dengan digitalisasi proses bisnis, ada waktu dan biaya yang dapat dihemat, ada kepuasan berbagai pihak yang dapat ditingkatkan, bahkan ada potensi profit yang dapat ditingkatkan,” tandasnya.
Ada tiga aplikasi yang diterapkan di tahun 2015 – 2016. Ketiga aplikasi tersebut terdiri dari dua aplikasi yang langsung ditujukan kepada customer, sedangkan satu aplikasi untuk dealer. “Secara garis besar, aplikasi yang diterapkan tersebut membantu FIF Group menjangkau pangsa pasar baru di remote area, memberikan excellence service, dan added value kepada existing customer maupun new customer. Termasuk, kepada dealer selaku partner utama FIF Group,” tegasnya.
Ketiga aplikasi itu adalah E-Commerce Mentimun, FIF Group Mobile Customer, dan FIF Group Mobile Dealer. E-Commerce Mentimun merupakan sebuah marketplace dimana dealer pilihan FIF Group dapat memasarkan produknya di sana agar dapat diakses langsung oleh customer via online.
Adapun FIF Group Mobile Customer (FM Customer) adalah aplikasi berbasis Android dan IOS yang ditujukan bagi existing maupun new customer, yang menawarkan berbagai kemudahan bagi customer. Sebab, fitur yang ada di aplikasi tersebut berperan menggantikan beberapa proses manual, seperti pengajuan kredit, informasi promo, informasi angsuran, dan sebagainya.
Sementara itu, FIF Group Mobile Dealer (FM Dealer) adalah aplikasi berbasis Android dan IOS yang ditujukan bagi dealer, yang menawarkan berbagai kemudahan bagi dealer. Terutama, dalam hal monitoring pencapaian booking.
“Monitoring dapat dilakukan secara harian, mingguan hingga bulanan, yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Added value bagi dealer adalah adanya fitur point redemption dimana dealer yang memberikan booking ke FIF Group sesuai dengan kriteria yang ditentukan, akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik,” papar Ricky.
Hasilnya? Mentimun E-Commerce dan FM Customer mengalami peningkatan order sebesar 90% sejak awal dirilis hingga tiga bulan kemudian.Sedangkan FM Dealer, sudah digunakan oleh sebanyak 93% dari total keseluruhan dealer FIF Group. “Hal itu membuktikan bahwa utilisasinya sudah cukup optimal di kalangan dealer,” yakin Ricky.
Bahkan, tahun ini, FIF Group sanggup terpilih sebagai pemenang Indonesia Best eMark Award 2016 kategori Lembaga Keuangan Non Bank.
Strategi pemasaran dengan kejutan, keterkaitan emosi, atau kolaborasi eksklusif bisa menjadikan kampanye Anda "newsworthy." Cara…
MIX.co.id – Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memproyeksikan pertumbuhan industri makanan dan minuman…
Brand Leader Sania Royale Sesame Oil, Pusparini Anugerah memperkenalkan produk terbaru Sania Royale Sesame Oil…
MIX.co.id – Lee Kum Kee, brand bumbu masak yang sudah ada di market global sejak…
MIX.co.id - Ekonomi digital Indonesia akan mencapai Gross Merchandise Value (GMV) $90 miliar pada tahun…
MIX.co.id - Agensi kreatif Flux Creative Universe dan Holywings (HW) Group resmi menjalin kemitraan strategis…